Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Imlek, Umat Konghucu di Purwodadi Bersih-Bersih Kelenteng

0 126

MURIANEWS, Grobogan – Aktivitas bersih-bersih dilakukan sejumlah umat Konghucu di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau kelenteng Hok An Bio Purwodadi, Kamis (16/1/2020). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek 2571 yang jatuh pada 25 Januari mendatang.

Selain ruangan dan halaman, bersih-bersih juga dilakukan terhadap patung dewa-dewi atau kimsin yang berada di kelenteng tersebut. Pembersihan patung dilakukan cukup hati-hati menggunakan kuas kecil dan setelah itu dilap dengan kain halus.

Pembersihan patung dilakukan di halaman kelenteng. Saat proses pembersihan patung ini, terlihat ada sejumlah warga ikut menyaksikan dari halaman kelenteng yang berada di jalan Brigjen Katamso Purwodadi itu.

Ketua Yayasan TITD Hok An Bio Purwodadi Budi Wiguna menjelaskan, menjelang perayaan Imlek, ada banyak kegiatan yang dilakukan. Salah satunya adalah acara bersih-bersih lingkungan kelenteng dan patung dewa-dewi yang ada di dalamnya.

“Ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Menjelang perayaan Imlek memang ada ritual pembersihan patung atau kimsin yang ada di dalam kelenteng,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.