Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pastikan 85.125 Rumah Warga di Grobogan Sudah Teraliri Pamsimas

0 100

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan memastikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sudah bisa dirasakan puluhan ribu masyarakat. Total ada 85.125 sambungan. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak tahun 2008 lalu.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, jumlah sambungan yang ditempati 24.201 kepala keluarga (KK) itu berada di 209 desa yang tersebar di 19 kecamatan. Rata-rata, keluarga yang dialiri pamsimas selalu kesulitasn saat kemarau datang.

“Seperti diketahui, kebutuhan air bersih di Grobogan memang cukup sulit didapatkan terutama saat kemarau. Oleh sebab itu, kehadiran Pamsimas ini dirasakan sangat membantu kebutuhan masyarakat akan air bersih,” kata Sri Sumarni saat meresmikan penggunaan Pamsimas secara simbolis di Dusun Pancan, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Kamis (16/1/2020).

Pada tahun 2020 ini, lanjutnya, rencananya ada program Pamsimas untuk 15 desa. Terdiri dari 12 desa yang dibiayai dari dana APBN dan tiga desa dari dana APBD. “Pada tahun ini, ditargetkan ada penambahan 2.250 sambungan rumah lagi,” katanya.

Bupati Sri Sumarni saat meresmikan penggunaan Pamsimas secara simbolis di Dusun Pancan, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Kamis (16/1/2020). (MURIANEWS/Dani Agus)

Menurut Sri, Pamsimas merupakan bagian dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang mencakup lima pilar sanitasi dasar. Yaitu, stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Pamsimas menjadi salah satu program dalam penyediaan layanan air minum dengan menempatkan masyarakat bukan lagi sebagai subyek, tetapi menjadi obyek. Adapun berbasis masyarakat dimaknai bahwa seluruh komponen masyarakat menjadi pelaku utama dan terlibat secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan Pamsimas.

“Masyarakat diharapkan tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi ikut bertanggungjawab atas suksesnya program ini secara berkelanjutan,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.