Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cuaca Buruk, Harga Cabai di Pasar Bitingan Kudus Tembus Rp 80 Ribu

MURIANEWS, Kudus – Cuaca buruk yang melanda Kabupaten Kudus dan sekitarnya mulai membawa dampak di sejumlah komoditas. Salah satunya adalah cabai rawit. Di Pasar Bitingan, harga cabai bahkan melejit hingga Rp 80 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Bitingan Tutik mengatakan, kenaikan harga cabai ini memang terbilang cukup tinggi. Semula harga cabai rawit merah hanya Rp 65 ribu kini naik menjadi Rp 80 ribu per kilogram.

“Sedangkan uncuk cabai merah keriting juga naik menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Sebelumnya harganya hanya Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram,” jelasnya saat ditemui.

Tidak hanya cabai rawit yang mengalami kenaikan, harga bawang putih juga naik dari Rp 28 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogra. Begitu juga dengan sayur-sayuran, rata-rata mengalami kenaikan Rp seribu.

“Hanya bawang merah yang turun diharga Rp 20 ribu. Kemarin harganya Rp 30 ribu per kilogram,” terangnya.

Senada juga diungkapkan oleh pedagang lain, Ngatini. Menuturnya sejumlah barang kebutuhan dapur di Pasar Bitingan saat ini mengalami kenaikan. Seperti cabai hingga bawang putih.

“Padahal stoknya aman. Mungkin karena sana sini ada banjir,” jelasnya.

Sementara itu Ayik salah satu pembeli mengatakan, naiknya komoditas tersebut membawa dampak tersendiri. Ia pun terpaksa mengurangi jumlah bumbu dengan menyesuaikan uang belanja.

“Biasanya beli cabai sampai seper empat. Ini harus dikurangi karena kebutuhan dapur yang mahal,” keluhnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...