Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BNPB dan Ganjar Tanam Pohon di Pegunungan Kendeng

1 371

MURIANEWS, Pati – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan penanaman pohon di Pegunungan Kendeng Utara di Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Pati, Rabu (15/1/2020).

Kegiatan ini dilakukan lantaran Pegunungan Kendeng saat ini merupakan lahan kritis. Sehingga harus segera dilakukan penghijauan agar secepat mungkin teratasi.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, penanaman pohon ini sangat penting karena ada banyak lahan kritis di sekitar Kendeng. Imbasnya, jika musim hujan terjadi banjir dan tanah longsor.

“Ini sangat penting kita lakukan. Karena kami melihat Kendeng ini sangat tandus, kalau tidak dilakukan penghijauan, nanti kondisinya malah semakin menghawatirkan,” katanya.

Dia juga menambahkan, masyarakat jangan hanya menanam pohon tetapi juga harus merawatnya. Karena, apabila tidak disertai dengan perawatan, nantinya percuma.

“Jangan bangga bisa menanam 100 pohon tetapi yang tumbuh kembang hanya tiga pohon. Banggalah kalau menanam 10 pohon tapi tumbuh semuanya,” tegas Doni.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, Kendeng saat ini lumayan gundul. Maka tugas masyarakat adalah menyelamatkan.

“Air ini (Lorodan Semar) ini bisa jernih apabila pohonnya banyak. Maka dari itu, mari kita bersama-sama menanam pohon dan menyelamatkan lahan kritis di Pegunungan Kendeng ini,” tutupnya.

 

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

  1. bibit kelapa wulung berkata

    Semoga daerah Kayen dengan pegunungan bisa kembali hijau dengan progam pemerintah daerah ini.. Mantappp…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.