Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Sambangi Patiayam, Tanam Pohon dan Titip untuk Dirawat

MURIANEWS, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (15/1/2020) pagi menyambangi Gunung Patiayam, tepatnya di area Dukuh Karangsubur, Klaling, Jekulo, Kudus. Kedatangannya di Kota Kretek ini bertujuan untuk melakukan penanaman di Perbukitan Patiayam yang kini gundul.

Ganjar ditemani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, Doni Monardo, Vice Director Djarum Foundation Fx Panji, dan Plt Bupati Kudus HM Hartopo bersama unsur Forkopimda lainnya.

Usai acara, Ganjar menyebut jika inilah waktu yang paling tepat untuk menanam ribuan pohon di Patiayam. Pasalnya, gundulnya Patiayam akan berdampak pada sejumlah wilayah dengan berbagai bencana.

“Dari banjir, tanah longsor, hingga sedimentasi bukit-bukit semacam ini jadi kontributor utama,” katanya.

Oleh karena itulah pihaknya kembali mengajak semua elemen, dari pihak swasta, pemerintah hingga masyarkat daerah untuk mulai melakukan aksi menanam pohon. Dengan begitu, permasalahan di hilir bisa dikurangi. “Hulunya harus diatasi, ini saatnya,” tegasnya.

Ganjar juga berharap, para pengguna lahan perhutanan sosial untuk ikut menjaga dan memanfaatkan lahan sebaik dan sebijak mungkin. Larangan untuk menebang pohon juga diutarakan orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut.

“Pohon-pohonnya jangan ditumbang, kalo perlu tambah, ini dijaga,” tegasnya.

Dengan begitu, kata dia, tidak ada lahan gundul lagi di daerah tersebut. Progam ini pula, katanya akan diseriuskan. Sehingga managemen air bisa dilangsungkan. “Jadi politik airnya bisa terselesaikan,” terangnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menanam pohon di perbukitan patiayam, Rabu (15/1/2020). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Sementara Vice Precident Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan jika pihaknya juga akan terus berkomitmen dalam menghijaukan daerah-daerah gundul. Terutama pada daerah lereng Muria dan Perbukitan Patiayam.

“Kami tentu akan berkomitmen untuk terus menghijaukan Lereng Muria dan Patiayam guna mengurangi pemanasan global,” katanya.

Pada masyarakat, pihaknya pun berpesan agar ikut menjaga dan merawat apa yang telah ditanam oleh pihaknya maupun dari berbagai kalangan. Dengan begitu, Perbukitan Patiayam akan asri kembali.

“Kami terus berkomitmen dalam hal penghijauan, untuk pohon yang kami tanam ada jenis Mangga, asam jawa, hingga petai. Serta berbagai tanaman buah lainnya degan jumlah total puluhan ribu,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...