Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Makam Nyai Juwet Kudus Dibakar Orang, Pelakunya Diduga Gangguan Jiwa

0 610

MURIANEWS, Kudus – Makam Mbah Nyai Juwet di Desa Ngembal Kulon, RT 1 RW 3, Kecamatan Jati, Kudus diketahui terbakar pada Senin, (13/1/2020) malam. Makam yang diyakini sebagai murid Sunan Kudus itu diduga dibakar orang dengan gangguan jiwa.

Suwaji (55), warga setempat mengatakan, pihaknya sempat melihat ada orang dengan gangguan jiwa keluar dari makam. Kejadian tersebut pihaknya perkirakan terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu, Suwaji sedang melintas di jalan ke makam.

“Saya melihat ada orang gila keluar dari makam,” ucapnya ketika ditemui di areal pemakaman, Selasa (14/1/2020) siang.

Ia menjelaskan, baru pertama kali ini melihat orang dengan gangguan jiwa tersebut berseliweran di area makam. Diketahui pula, orang gila berjenis kelamin laki-laki tersebut kedapatan membawa korek di tangannya.

“Saya sempat melihatnya, dia membawa korek di tangannya,” katanya.

Saat melam tiba, Suwaji curiga setelah melihat dua orang peziarah tidak jadi ke makam dan langsung meninggalkan lokasi dari arah kejauhan. Karena penasaran, ia bersama warga lainnya mengecek ke makam dan sudah mendapati makam terbakar.

“Kainnya sudah tidak ada. Bara api di makamnya juga sudah dingin saat diketahui. Saat ini, kain luwurnya sudah kami ganti” terangnya.

Pada MURIANEWS, Suwaji menambahkan jika Nyai Juwet merupakan murid dari Sunan Kudus. Sehingga kerap menjadi jujugan peziarah baik dalam maupun luar Kudus. “Peziarah kerap datang ke sini,” terangnya.

Sementara itu, Wakapolsek Jati Iptu Rusmanto mengatakan jika hingga kini, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih dalam soal pembakaran makam Nyai Juwet. “Kami masih selidiki, hanya berdasar keterangan saksi memang dibakar orang gila,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.