Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyakit-Penyakit Ini Mengancam Warga Jepara Saat Musim Hujan Tiba

MURIANEWS, Jepara – Masyarakat Jepara diminta waspada terhadap kemungkinan merebaknya beberapa penyakit. Memasuki musim hujan, ada beberapa penyakit yang dimungkinkan akan mewabah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Mudrikatun, menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan segenap jajarannya untuk mengantisipasi hal ini. Mereka diminta untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya.

Menurutnya, pada musim hujan seperti saat ini rentan menimbulkan ancaman berbagai penyakit. Mulai dari demam berdarah dengue (DBD), diare, dan gatal-gatal. Beberapa penyakit ini memang perlu diwaspadai dengan respon cepat.

“Ada beberapa  (penyakit), di antaranya DBD, diare, juga gatal-gatal terutama di wilayah-wilayah endemi banjir. Kami kira masyarakat harus mewaspadai hal,” kata Mundrikatun, Selasa (14/1/2020).

Penyakit diare,  bagi masyarakat awam mungkin dianggap sebagai penyakit yang biasa. Namun penyakit ini bisa menjadi luar biasa jika penanganannya terlambat. Jika sampai terjadi dehidrasi berat pada penderitanya, situasi fatal bisa terjadi.

Untuk itu masyarakat diminta agar waspada dan menjaga kebersihan sanitasi, diri sendiri, serta lingkungan sekitar.

Menurutnya, faktor-faktor pencegahan dan pengendalian penyakit terdiri dari host, agent, dan environment. Bisa dari manusianya, lingkungannya, kemudian bisa dari penyebab penyakit itu sendiri, seperti bakteri dan kuman.

“Jangan menganggap remeh diare. Penyakit ini memang umum terjadi di masyarakat. Tapi jika terlambat mengantisipasi bisa menimbulkan petaka. Lebih baik kita semua waspada dengan mencoba sebisa mungkin untuk menghindarinya,” tambah Mudrikatun.

Sedangkan untuk DBD, warga diharapkan masih terus melaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara “3M Plus”. Langkah itu yakni dengan secara teratur menguras bak mandi, menutup wadah penampungan air bersih, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan.

Menabur bubuk abate di tempat-tempat penampungan air bersih, memasang kelambu dan kasa nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, serta memakai lotion anti nyamuk, juga disarankan.  Sehingga terjangkitnya penyakit ini bisa dihindarkan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...