Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tanggul Rampung Dibenahi, Banjir di Kesambi Kudus Surut

0 146

MURIANEWS, Kudus – Banjir yang menggenangi Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo berangsur surut, Minggu (12/1/2020). Saat ini, hanya ada dua rumah yang masih tergenang, yakni milik Ali Darmaji dan Kasmijan di RT 1/ RW 7.

“Rumahnya cukup rendah dari jalan. Jadi masih ada banjir di kanan dan kiri rumah saja,” ucap Kapolsek Mejobo AKP Sartono.

Ia menjelaskan, saat ini pembuatan tanggul darurat di Jembatan tiga juga telah rampung berkat kerjasama dari anggota kepolisian, TNI, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah desa bersama warga setempat.

Sedang untuk menyiasati dua rumah yang masih kebanjiran, pihaknya mengakali dengan memindahkan sebagian barang-barang berharga ke tempat yang cukup tinggi. Dengan tujuan agar tidak terkena genangan kembali.

“Sementara kami pindahkan ke bagian rumah yang cukup tinggi,” tambahnya.

Seperti diketahui, Tanggul timur jembatan tiga Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo jebol sepanjang 25 meter pada Minggu, (12/1/2020) dini hari. Akibatnya, 72 rumah kebanjiran dengan ketinggian 10-30 cm.

Penyebab jebolnya tanggul karena hujan lebat yang terjadi sejak Sabtu (11/1/2020) pukul 16.00 WIB hingga Minggu (12/1/2020) dini hari pukul 01.30 WIB. Akibatnya, volume air di sungai tersebut mengalami kenaikan hingga menjebolkan tanggul.

Adapun warga yang terdampak di Desa Temulus RT 1-3 RW 5, di RT 1-2 RW 7 dan di RT 1 RW 6. Total ada sebanyak 72 rumah terdampak dengan 318 jiwa.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.