Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bertahan Pakai Pecahan Kapal, Penumpang KM Ceria 30 Jam Terombang Ambing di Laut

0 1.343

MURIANEWS, Jepara – Musibah pecahnya KM Ceria 1 menyisakan kisah luar biasa bagi para penumpangnya. Mereka harus berjibaku dengan derasnya ombak dan dinginnya cuaca di Perairan Karimunjawa.

Menurut Kapten Kapal Suwardi, pada Kamis (9/1/2020) dirinya bersama dengan ABK dan penumpang berjumlah total 14 memulai pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dengan membawa sejumlah sembako, kapalnya direncanakan akan berlayar ke Ketapang.

Kapal yang berbobot 533 GT ini akhirnya berlayar sampai di Perairan Karimunjawa pada Jumat (11/2/2020) dinihari. Cuaca memburuk membuat kapal tidak bisa leluasa untuk melaju. Bahkan pada sekitar jam 02.00 WIB kapal akhirnya pecah.

“Sejak saat itu kami berusaha menyelematkan diri. Semua awak dan penumpang naik ke atas rakit dari bekas-bekas pecahan kapal. Namun karena cuaca buruk tidak banyak kapal yang berlayar. BaruBaru Sabtu pagi kami ditemukan,” ujar Suwardi seperti yang disampaikan oleh Noor Sholeh, Sekretaris Camat Karimunjawa, Sabtu (11/1/2020).

Baca: Dihantam Gelombang, 14 Penumpang KM Ceria 1 Terapung di Perairan Karimunjawa

Secara keseluruhan para penumpang harus bertahan hidup di tengah ombak dan badai selama sekitar 30 jam. Sebagian besar penumpang memang masih mampu bertahan dan relatif masih sehat saat ditemukan.

Namun satu penumpang atas nama Musriah harus mendapatkan perawatan intensif. Wanita separuh baya ini mengalami hipotermia.

Seluruh penumpang yang berhasil diselamatkan sampai Sabtu (11/1/2020) sore masih ditampung di rumah warga di Kemojan. Mereka mendapatkan perawatan secukupnya atas kejadian ini.

“Selain dua orang yang harus dirawat, semuanya ditampung di rumah salah seorang warga di Kemojan. Mereka diberi waktu untuk memulihkan diri. Selain itu juga menunggu cuaca membaik,” jelas Nor Sholeh.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.