Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dihantam Gelombang, 14 Penumpang KM Ceria 1 Terapung di Perairan Karimunjawa

MURIANEWS, Jepara – Kecelakaan laut terjadi di perairan Karimunjawa. Sebanyak 14 orang ditemukan nelayan Karimunjawa terapung-apung di antara Pulau Parang dan Kemojan, Karimunjawa, Sabtu (11/1/2020). Semua berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Menurut Sekretaris Camat Karimunjawa, Noor Sholeh, ke-14 orang tersebut belakangan diketahui sebagai penumpang KM Ceria 1. Mereka ditemukan oleh KM Angel yang dinahkodai Anwar.

Ia menceritakan, awalnya sekitar pukul 08.00 WIB KM Angel menemukan sejumlah barang yang berceceran di laut. Awak KM Angel kemudian menelusuri keberadaan barang-barang tersebut.

Jejak barang-barang tersebut akhirnya membawa mereka kepada 14 orang yang terapung apung di lautan. Selanjutnya KM Angel meminta bantuan KM Ita Kembar Jaya yang dinahkodai Ukasek.

“Karena KM Angel ukurannya kecil, dan tidak mampu menampung semua orang yang ditemukan, akhirnya minta tolong KM Ita Kembar Jaya. Lalu semuanya dibawa ke Pelabuhan Legon Bajak,” ujar Nur Sholeh.

Ke-empat belas penumpang tersebut merupakan penumpang KM Ceria I yang diketahui berangkat dari Semarang. Rencananya mereka akan berlayar menuju ke Ketapang dengan membawa sembako.

Kapal ini berangkat pada Kamis (9/1/2020) siang. Pada Jumat (10/1/2020) dinihari kapal mengalami pecah akibat dihantam gelombang.

Penumpang yang berhasil diselamatkan masing-masing Suwardi (Nahkoda), Hairudin, Eko Widiantoro, Bukhori, Harwan Ibnu, Duwijo dan Budiyono. Kemudian Reno Saputro, Azida Adi Kusuma, Yosua Yudistiayawan, Miya Asanti Zunfika, Musriah, Asik wantoro dan Juawanto.

“Dua orang penumpang langsung dirujuk ke Puskesmas Karimunjawa untuk mendapatkan perawatan. Masing-masing kapten Kapal Suwardi dan Musriah. Suwardi mengalami masalah pada kakinya sedangan Musriah mengalami hipotermia,” jelas Nur Sholeh.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...