Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Posko Bencana Alam di Pati Mulai Didirikan

MURIANEWS, Pati – Pati bagian selatan menjadi wilayah yang cukup rawan bencana selama musim hujan. Dalam beberapa waktu terakhir, bencana banjir bandang sudah beberapa kali menerjang wilayah ini.

Salah satu wilayah yang sering terdampak adalah Kecamatan Kayen. Sebagai upaya untuk cepat tanggap terhadap bencana alam, pemerintah setempat mulai membangun posko bencana.

Posko ini didirikan di Kantor Kecamatan Kayen, dan beroperasi selama 24 jam penuh. Camat Kayen Didik Rusdiantono mengatakan, posko bencana ini melibatkan personel dari unsur pegawai kecamatan, Satpol PP, Koramil Kayen, Polsek Kayen, Puskesmas Kayen, RSUD Kayen dan UPT DPUTR Kayen.

Selain itu, di dalamnya juga ada tenaga medis, ambulans, serta berbagai peralatan penanggulangan bencana dan evakuasi.

“Ini adalah upaya kami untuk cepat tanggap terhadap bencana. Kantor kami buka 24 jam, sehingga masyarakat nanti bisa langsung koordinasi,” katanya, Sabtu (11/1/2020).

Baca: Kayen dan Sukolilo Pati Banjir, Jalan ke RSUD Tak Bisa Dilintasi

Dia menyebut, di posko itu juga disiapkan karung-karung yang nantinya diisi tanah atau pasir untuk membendung tanggul yang jebol. Mengingat, akhir-akhir ini memang banjir selain disebabkan sampah yang menyumbat di sungai, juga dikarenakan tanggul kebol

“Data wilayah potenai bencana, termasuk banjir khusus di Kecamatan Kayen juga sudah kami petakan,” ujarnya.

Didik juga berharap adanya Posko ini dapat membantu masyarakat dengan cepat bila terjadi bencana.

“Dengan adanya Posko Siaga Bencana ini kami dapat segera menindaklanjuti dan menolong warga apabila terjadi bencana alam di wilayah Kecamatan Kayen,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor:Ali Muntoha

Comments
Loading...