Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Januari Mulai Gratis, SMA/SMKN di Jateng Kembalikan SPP Terlanjur Dibayar

0 343

MURIANEWS, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menggratiskan SPP untuk SMA/SMK/SLB negeri di provinsi ini. SPP gratis ini mulai diberlakukan sejak Januari 2020.

Dengan kebijakan ini, orang tua siswa yang terlanjur membayar SPP maka uangnya akan dikembalikan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan hal ini.

“SPP gratis kami mulai tahun ini, kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka kepala sekolah harus kembalikan,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta kepada kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah untuk menyosialisasikan kebijakan baru tersebut. Selain itu,  sekolah mengurangi jumlah pungutan kepada siswa. Segala bentuk pungutan harus diketahui orang tua siswa dan harus disepakati bersama.

“Yang benar-benar miskin, dilarang dimintai pungutan apapun. Saya minta ini dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Salah satu sekolah yang langsung mengembalikan SPP yang sudah terlanjur dibayar adalah SMAN 2 Pati. Total sekolah ini mengembalikan Rp 209 juta SPP yang telah dibayar 486 siswanya.

Pengembalian dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Pati Budi Santosa, Jumat (10/1/2020) dan Senin (13/1/2020) lusa. Ia mengaku mengembalikan SPP itu, mengikuti kebijakan gubernur, meski belum ada arahan khusus dari Dinas Pendidikan.

Budi menuturkan di sekolahnya memang sudah ada sebagian besar orang tua yang membayar SPP selama setahun, enam bulan, atau dua bulan. Bahkan nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

“Pada Jumat ada 264 siswa yang SPPnya dikembalikan. Kemudian pada Senin akan ada 22 siswa yang dikembalikan,” katanya.

Baca: Mulai 2020 SMA/SMK Negeri di Jateng Gratis, MA dan Sekolah Swasta Disubsidi

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus DW mengatakan, sebelum dikelola provinsi, SPP di SMAN 1 Jepara sebesar Rp 175 ribu per siswa. Setelah dikelola Pemprov Jateng, SPP turun menjadi Rp 75 ribu dan sekarang gratis.

Udik menilai pemberlakuan SPP gratis di Jawa Tengah ini sangat meringankan beban masyarakat untuk mengenyam pendidikan.

Pemberlakuan program SPP gratis turut disambut positif oleh para pelajar dan orang tuanya.Juwari, seorang wali murid di SMAN 1 Jepara menyebut, program SPP gratis ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

“Baru pertama kali ada program SPP gratis di Jawa Tengah. Tentu saya sangat menyambut baik. Sebenarnya kalau harus bayar SPP, saya masih mampu. Tapi kalau ada program seperti ini kan kami sangat terbantu. Uang SPP bisa dipakai untuk bayar les karena anak saya juga ikut les,” kata Juwari.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.