Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Gerakan Satu juta, Polres Kudus Tanam 150 Bibit Pohon

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor Kudus (Polres) Kudus menggelar kegiatan penanaman 150 bibit pohon, dengan tema polri peduli lingkungan untuk satu juta lima ratus pohon di Bumi perkemahan Ronggo Kusumo, Desa Klaling, Jekulo, Kudus, Jumat, (10/1/2020).

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan jika kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Satu juta Pohon 2020. Kegiatan sendiri, diikuti sekitar seratus orang dari berbagai unsur di Kota Kretek.

“Ini kami gelar dalam rangka memperingati Hari kGerakan Satu Juta Pohon di tahun 2020,” ucapnya.

Selain itu, kata Catur, terselenggaranya kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Polres Kudus dalam menjaga lingkungan agar tetap asri. Salah satunya adalah dengan melestarikan resapan-resapan air yang ada di lingkungan sekitar.

“Sehingga sumber air juga tetap terjaga,” lanjutnya.

Program yang diprakarsai oleh Kapolri ini juga merupakan upaya dalam mencegah gundulnya hutan-hutan akibat ulah manusia. Sehingga bisa saja menimbulkan potensi bencana alam seperti banjir ataupu  tanah longsor.

“Total untuk kegiatan penanaman hari ini ada sebanyak 150 bibit tanaman,” lanjutnya.

Untuk jenis tanaman sendiri, kata Catur, adalah jenis tanaman-tanaman yang berakar kuat dan bisa menjadikan daerah yang dihijaukan menjadi dari daerah resapan air. Hingga pada akhirnya akan menjaga kualitas air tanah.

“Di antaranya Tabe Buya, Trembesi dan Alpukat,” lanjutnya.

Selain kegiatan tanam pohon, pihaknya juga melakukan kegiatan membersihkan sungai di dukuh Karang Subur. Dengan harapan sampah di sungai tersebut bisa berkurang dan tidak terjadi penyumbatan apabila air mengalir saat hujan deras datang.

“Sehingga meminimalisir terjadi banjir,” jelasnya.

Kemudian acara juga dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial berupa 50 Bungkus paket sembako kepada fakir miskin. Serta pemberian bantuan sosial oleh pihaknya  dan ketua cabang Bhayangkari kepada 22 orang warga kurang mampu di dukuh Karangsubur.

“Semoga ini bermanfaat bagi mereka,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...