Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sumber Rejo Jepara Diterjang Banjir Setinggi 70 Sentimeter, Tiga Sekolah Terendam

0 310

MURIANEWS, Jepara – Limpasan Sungai Tempuran, di Di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Donorojo, Jepara menimbulkan banjir bandang, Jumat (10/1/2020). Banjir menimbulkan genangan di wilayah pemukiman penduduk.

Rohmad, warga setempat, menyatakan limpasan Kali Tempuran terjadi pada pagi hari. Hujan deras yang terjadi lebih dari dua jam itu yang memicu sungai meluap.

Limpasan air akhirnya menggenangi beberapa wilayah pemukiman dengan ketinggian berkisar 70 cm hingga 150 cm. Jumlah warga yang terdampak jumlahnya mencapai ratusan jiwa.

“Kalau hujan deras dalam waktu lama Kali Tempuran bisa dipastikan limpas. Air banjir biasanya datang dengan cepat, dan surutnya juga cepat. Membahayakan kalau hujannya gak segera berhenti,” ujar Rohmad.

Sementara itu, Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto menyatakan banjir di Donorojo sudah dipredisikan terjadi. Masyarakat setempat sudah waspada, sehingga korban jiwa tidak terjadi. Bahkan barang-barang milik warga juga sebelumnya sudah diamankan.

Banjir di Sumber Rejo memang sudah biasa terjadi pada musim hujan. Penyebabnya karena debit air yang masuk sudah melebihi oleh kapasitas kali. Akibatnya air yang datang meluber menggenangi wilayah pemukiman.

“Diduga sungai sudah mengalami pendangkalan dan penyempitan. Lebarnya sekitar lima meteran. Selain itu banyaknya sampah yang terbawa banjir juga menimbulkan air sungai terhambat dan akhirnya meluap. Apalagi aliran sungai juga berkelok-kelok,” katanya.

Selain menggenangi rumah-rumah warga, banjir di Sumber Rejo juga merendam tiga sekolahan. Masing-masing taman kanak-kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Karena kejadiannya pada hari Jumat, maka tidak ada proses belajar mengajar di tiga sekolah tersebut. Karena sekolah-sekolah ini libur pada hari Jumat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.