Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi Pati Tanam Pohon Antisipasi Banjir, Kendeng Jadi Prioritas

MURIANEWS, Pati – Banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Pati beberapa hari terakhir, menjadi perhatian serius Polres Pati. Untuk mengantisipasi bencana itu terulang di masa depan, jajaran Polres juga melakukan upaya penghijauan di beberapa tempat.

Jumat (10/1/2020), Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun bersama ratusan anggotanya melakukan penanaman pohon di Lapangan Tembak Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.

Pihak kepolisian juga akan memprioritaskan penanaman pohon di Pegunungan Kendeng, yang selama ini menjadi biang banjir karena gundul.

Kapolres mengatakan, dengan penanaman pohon ini setidaknya dapat meminimalkan dampak banjir.

Ditambahkan pula, kegiatan ini merupakan program dari Kapolri, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

“Seperti belakangan terjadi bencana di Kabupaten Pati seperti banjir. Walaupun tingkatnya belum tinggi, tapi ini sebagai tanda bahwa lingkungan ini mempunyai dampak yang signifikan dalam hidup kita. Sehingga penting bagi kita untuk peduli,” katanya.

Ke depan, pihaknya akan memprioritaskan wilayah Pegunungan Kendeng untuk jadi perhatian penghijauan.

Dia menyebut, bencana tanggul jebol yang belakangan terjadi di beberapa wilayah Pati selatan itu lantaran bersumber dari Pegunung Kendeng. Dengan curah hujan tinggi, debit air meningkat sehingga berdampak jebolnya tanggul di aliran sungai tersebut.

“Yang menjadi prioritas memang di Gunung Kendeng. Dan kita telah koordinasi dengan beberapa pihak,” ujarnya.

Sementara dalam penghijauan yang dilakukan hari ini, polres menanam 500 pohon di sekitar lapangan tembak. Ke depan, jumlah penanamam akan ditambah. Bahkan, polres juga sudah berkoordinasi dengan Perhutani.

“Kami bertahap kedepan 1.000 pohon dan berkelanjutan. Karena upaya kita peduli terhadap lingkungan,” kata Kapolres.

Pihaknya juga mengajak masyarakat bersama-sama melakukan apa yang telah dicanangkan. Karena hal itu sangat berdampak positif bagi lingkungan.

“Nantinya kita juga tanam pohon keras. kedepan ada beberapa di lahan tertentu kita tanami buah-buahan. Supaya memberikan manfaat. Selain pada bumi juga bagi manusianya,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...