Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hartopo Pastikan Kudus Siap Hadapi Bencana

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memastikan semua elemen siap menghadapi bencana yang dimungkinkan melanda Kota Kretek. Hal itu diperkuat dengan apel tanggap bencana yang digelar, Kamis (9/1/2020) pagi tadi.

“Kudus sudah siap dalam penanggulangan serta tanggap bencana. Semua personel dan peralatan sudah disiapkan untuk mengantisipasi datangnya bencana yang tak terduga,” kata Plt Bupati Kudus HM Hartopo usai melakukan cek kesiapan dan peralatan tanggap bencana di Alun-alun Kudus.

Selain mengecek kesiapan elemen terkait, sosialisasi pada relawan-relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga sudah dilakukan. Hal tersebut dilakukan guna menyelaraskan pandangan terkait penanggulangan bencana.

“Relawan-relawan juga disosialisasikan tanggap bencana,” ucapnya.

Setelah disosialisasi, para relawan diminta untuk meneruskan informasi pada semua elemen masyarakat yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, kesiapan Kudus dalam tanggap bencana bisa maksimal.

“Jangan sampai lalai, ini sudah masuk musim hujan. Intensitasnya juga sedang tinggi-tingginya,” terangnya

Untuk titik-titik rawan bencana, lanjutnya, di Kudus ada sekitar enam titik daerah rawan bencana. Yakni di Kecamatan Dawe dan Gebog yang merupakan rawan bencana longsor. Kemudian empat sisanya, Kecamatan Kaliwungu, Mejobo, Jati, dan Jekulo memiliki potensi rawan banjir.

“Daerah-daerah tersebut merupakan daerah rawan bencana,” ucapnya.

Posko tanggap bencana di masing-masing daerah tersebut juga telah diinstruksikan untuk dibangun di masing-masing daerah. Koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa pun terus ditingkatkan.

“Semua elemen bersinergi dalam hal ini,” terangnya.

Sementara Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi menambahkan, pihaknya telah siap dalam berkoordinasi dan bekerjama dengan segenap unsur terkait dalam hal tanggap bencana. “Personel kami sudah siap dalam hal tanggap bencana,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...