Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penjaga Pastikan Video Banjir Bendungan Wilalung Hoaks

MURIANEWS, Kudus – Penjaga Bendung Wilalung Kudus, Noor Ali memastikan video ambrolnya Bendungan Wilalung yang tersebar di media sosial tidak benar alias hoaks. Bendungan yang memiliki sembilan pintu saat ini terpantau aman. Debit air di Rabu (8/1/2020) malam di angka 350 m3/detik.

Pernyataan tersebut diungkapkan seiring adanya video unggahan amukan air bendungan yang ambrol merusak rumah warga. Video yang diterima MURIANEWS, berupa sebuah tanggul jebol dan melanda permukiman warga. Video yang berdurasi 29 detik itu menggambarkan air dan bendungan yang memporak-porandakan rumah warga.

Pada video itu juga, terdapat tulisan Wilalung, Demak Lur Minta Doa. Tidak hanya itu, pada video tersebut tampak warga pasrah menyaksikan genasan air yang menghancurkan rumah warga.

Saat dikonfirmasi, penjaga Bendungan Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kudus Noor Ali membantah jika video tersebut berasal dari Bendungan Wilalung. “Tadi kami juga sudah terima videonya. Video itu hoaks. Tidak benar,” jelasnya.

Ia mengatakan, debit Bendung Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan masih aman. Debit air hingga Rabu (8/1/2020) malam mencapai 350 m3/detik.

“Artinya masih aman. Dan saya pastikan video itu tidak benar,” tegasnya.

Meskipun demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan kabar di media sosial. Masyarakat diminta untuk selalu mengecek terlebih dahulu kebenarannya.

“Karena petugas banjirlah yang lebih paham kondisi real di lapangan yang terjadi di lokasi kerjanya,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...