Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cek Bendung Wilalung, Plt Bupati Instruksikan Petugas Rutin Monitor Debit Air

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo mengunjungi Bendungan Wilalung bersama unsur Forkopimda, Rabu (8/1/2020). Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menginstruksikan petugas untuk rutin memonitor debit air yang ada di bendung tersebut.

Apalagi, bendungan yang dilengkapi dengan sembilan pintu air itu memiliki fungsi utama sebagai pengendali banjir dan pengaturan irigasi di wilayah Kabupaten Kudus dan Kabupaten Demak.

“Kami instruksikan untuk dipantau dan dimonitoring terus debit airnya,” ucapnya ketika dijumpai awak media usai meninjau Bendung Wilalung.

Untuk pemantauan rutin sendiri dilakukan sebagai langkah antisipatisi bencana banjir yang dimungkinkan terjadi di wilayah Kota Kretek. Terutama di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Undaan, Jati dan Kaliwungu.

Hartopo mengatakan, saat ini pintu air menuju Sungai Wulan tidak dapat ditutup. Hal tersebut menyebabkan peningkatan potensi bencana di Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati dan Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu.

“Ini nanti kalau debit airnya di atas 400 meter kubik perdetik. Besar kemungkinan di Goleng dan Setrokalangan akan banjir,” katanya.

Di sisi lain, apabila pintu air menuju Sungai Wulan ditutup, air dikhawatirkan akan meluap dan menenggelamkan daerah Undaan. Oleh karena itulah, Hartopo memerintahkan petugas harus aktif dalam melakukan pemantauan.

“Ya, petugasnya memang harus aktif melakukan pemantauan. Agar semuanya tetap aman,” tambi Kahnya.

Hingga siang tadi, jumlah debit air di Sungai Wilalung sendiri berkisar di taraf aman. Yakni berkisar 275 meter kubik perdetik. Jumlah tersebut menurun drastis dari hari Senin (6/1/2020) lalu yang mencapai 550 meter kubik per detik.

“Kita berharap saja cuaca di Kudus ini bersahabat sehingga tidak terjadi bencana yang diinginkan,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...