Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kades Terpilih Desa Regaloh Pati Dipolisikan, Diduga Palsukan Dokumen

MURIANEWS, Pati – Diduga memalsukan dokumen untuk melengkapi persyaratan mencalonkan diri dalam pilkades di Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Rumijan yang merupakan kades terpilih diadukan ke Polres Pati.

Dugaan pemalsuan dokumen itu terkait nama yang tertera di ijazah Paket B milik Rumijan yang tidak sesuai dengan nama yang tertera di Kartu Keluarga (KK). Tidak hanya itu, bulan dan tahun lahir juga terjadi perbedaan.

Karena itu, dua kompetitornya dalam pilkades yang gagal terpilih yakni Suwarno dan Astuti melalui kuasa hukumnya, Harun Rosyid, mengadukan dugaan pemalsuan dokumen tersebut ke Mapolres Pati, Rabu (8/1/2020).

Harun Rosyid mengatakan, dalam ijazah SD, nama yang tertera adalah Rumijan. Namun, pada ijazah Paket B, namanya justru Rumijan Abdullah.

Kemudian pada bulan lahir, pada ijazah SD tertera bulan April 1976. Tetapi pada ijazah Paket B, bulan lahirnya Juli 1977. Sementara pada KK, namanya tertera Rumijan, bulan lahir adalah April 1976.

“Ketika dokumen itu digunakan untuk mendaftarkan sebagai Cakades Regaloh, nama dalam ijazah SD diubah menjadi Rumijan Abdullah hanya dengan acuan surat keterangan dari Kepala SD 2 Regaloh yang disahkan oleh Kepala Disdikbud Pati,” katanya.

Sementara menurut dia, berdasarkan Undang-Undang Administrasi Kependudukan, mengubah nama apalagi menambah nama suatu dokumen, itu harus ada penetapan dari pengadilan.

“Kami menduga, ijazah Paket B ini juga diragukan keabsahannya. Karena ada banyak kejanggalan. Nomor Induk Siswa (NIS) saja tidak ada,” terangnya.

Untuk melakukan aduan ke Polres itu, pihaknya juga menbawa barang bukti berupa fotokopi ijazah terduga. Selain itu, sejumlah saksi juga dihadirkan untuk dimintai keterangan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...