Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seratus Kapal Nelayan Juwana Siap Berangkat ke Natuna

MURIANEWS, Pati – Setidaknya ada 100 kapal nelayan dari Juwana, Kabupaten Pati siap berangkat ke Natuna, Kepulauan Riau. Mereka siap melaut di wilayah itu sambil menjaga Natuna agar tidak dikangkangi oleh nelayan asing.

Ketua Aliansi Nelayan Indonesia (ANI) Kabupaten Pati Heri Budiyanto mengatakan, pihaknya bersama dengan nelayan yang lain sudah siap melaut ke Natuna yang saat ini tengah diganggu negara lain.

Hal itu menurut dia, seiring dengan seruan Presiden Joko Widodo agar kekayaan laut Natuna dipertahankan oleh nelayan Indonesia.

“Kami siap. Sudah ada 100 kapal yang rencananya akan melaut ke sana (Natuna). Rata-rata kapasitas di atas 60 GT,” katanya, Rabu (8/1/2020).

Namun, untuk berangkat ke Natuna, pihaknya meminta pemerintah harus menyediakan fasilitas. Terutama bahan bakar minyak (BBM), es balok dan pembeli ikan.

Dirinya menambahkan, untuk berangkat ke Natuna, setidaknya membutuhkan waktu lima hari. Belum lagi ketika proses penangkapan ikan di sana, tentu membutuhkan banyak BBM.

“Es balok sangat kami butuhkan untuk ikan hasil tangkapan,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar terkait pengamanan juga diperjelas. Sehingga pada saat nelayan melakukan penangkapan ikan, tidak terjadi salah komunikasi antara petugas keamanan dan nelayan.

“Karena, dulu nelayan Juwana pernah ke Natuna, tetapi ditangkap oleh petugas keamanan. Karena diminta ke Natuna, terkait keamanan ini juga harus diperhatikan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...