Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sterilkan Alun-Alun dari Pedagang, PKL Simpang Tujuh Bakal Dipindah ke Jalan Sunan Kudus

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 58 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus dikumpulkan di aula Dinas Perdagangan, Rabu (8/1/2020). Mereka diberikan sosialisasi terkait wacana pemindahan PKL dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus ke Jalan Sunan Kudus.

“Ada wacana Simpang Tujuh ini steril dari PKL supaya lebih rapi. Karena itu, PKL harus dipindah,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti, Rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, pemindahan PKL dari Alun-alun Simpang Tujuh ke Jalan Sunan Kudus juga dilakukan untuk penataan lalu lintas supaya tidak semerawut. Apalagi, saat jam salat, di Alun-Alun Kudus penuh dangan parkir dan PKL hingga malam.

“Biasanya saat magrib isya kan ramai. Itu parkirnya penuh. Muntel banyak PKL dan parkir di alun-alun,” jelasnya.

Oleh karena itu, nantinya ke-58 PKL yang berjualan di alun-alun akan di pindah di Jalan Sunan Kudus semua. Pihaknya pun menjanjikan semua PKL juga mendapatkan fasilitas mulai dari tenda hingga tempat yang representatif.

“Nanti tenda seragam semua. Kami akan carikan sponsor untuk kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Rencananya PKL yang dipindah aakan berjualan di sebelah utara jalan Sunan Kudus. Sedangkan untuk sebelah selatan digunakan untuk parkir.

“Kalau jadi. Nanti PKL disebelah utara jalan Sunan Kudus. Penataan parkir akan diatur dalam sebelah selatan,” terangnya.

Dengan demikian, melalui kegiatan sosialisasi ini para PKL nantinya sudah siap. Tidak ada lagi yang tidak setuju. Karena jauh hari sudah disosialisasikan kepada para PKL.

“Sosialisasi ini sengaja kami berikan lebih dini. Tujuannya supaya tidak ada masalah. Tapi kalau tiba-tiba pindah, pasti ada penolakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Suharto salah satu PKL Alun-alun Simpang Tujug mengaku setuju-setuju saja apabila ada wacana pemindahan PKL ke Jalan Sunan Kudus. Hanya, ia meminta PKL ditata yang baik dan tidak mengurangi omset pendapatan sehari-hari.

“Yang pasti kami ingin penempatannya tertata dan tidak membuat omset anjlok,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...