Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beberapa Kali Jebol, Tanggul SWD 2 di Welahan Perlu Ditinggikan

MURIANEWS, Jepara – Masyarakat Petani di Desa Welahan, Jepara, berharap ada langkah antisipasi yang bisa diambil oleh Pemkab Jepara terkait kondisi tanggul Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) II. Karena beberapa kali jebol, kondisi tanggul saat ini sedikit lebih rendah dan rentan mengalami kerusakan kembali.

Petinggi Welahan Ahmad Jerjes mengatakan, tanggul yang berada tepat di atas pintu air di SWD II Welahan,  sudah beberapa kali jebol. Pada tahun 2004, 2011 dan terakhir tahun 2014 lalu, tanggul ini menimbulkan genangan di wilayah Welahan, karena jebol.

Warga, khususnya para petani, meminta agar tanggul yang berada tepat di atas pintu air bisa ditinggikan sama dengan badan jalan. Jika tidak, kenaikan debit air di SWD 2 yang semakin banyak dikhawatirkan bisa melimpas dan menggenangi sawah petani.

“Kami berharap kondisi tanggul ini bisa segera mendapatkan penanganan. Apalagi ke depan intensitas hujan diperkirakan akan semakin meningkat. Potensi jebolnya tanggul yang bisa mengakibatkan air banjir menggenangi ribuan hektare sawah petani bisa diminimalkan,” ujar Ahmad Jerjes, Rabu (8/1/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan sudah mengecek kondisi tanggul Sungai SWD II yang ada di Welahan. Pengecekan ini menjadi bagian kesiapsiagaan menghadapi curah hujan yang mulai meningkat memasuki awal tahun 2020 ini.

Dian Kristiandi menyatakan, memang dinding tanggul mengalami retak dan tinggi tanggul yang lebih rendah dari badan jalan berpotensi menyebabkan limpasan air jika debit air tinggi. Pihaknya akan berkordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), karena SWD II memang menjadi kewenangannya.

“Namun yang pasti, Pemkab Jepara siap memberikan support jika diperlukan sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang dimiliki oleh daerah. Terutama untuk meninggikan tanggul agar sama dengan badan jalan yang lain. Ini kan tanggulnya lebih rendah, nanti akan kita bantu untuk ditinggikan,” katanya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...