Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ibu-Ibu dari Kendeng Geruduk DPRD Pati, Pertanyakan Kejelasan RTRW

0 446

MURIANEWS, Pati – Belasan ibu-ibu yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Kabupaten Pati mengegruduk Kantor DPRD Pati, Rabu (8/1/2020). Mereka hendak menemui Komisi D DPRD Pati untuk menanyakan kejelasan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Perwakilan dari JMPPK Gunarti mengatakan, sebelumnya pihak JMPPK sudah melayangkan pemberitahuan untuk audiensi dengan Komisi D pada 20 Desember 2019 lalu. Namun, karena mendekati Natal, pihak dewan meminta agar ditunda hingga setelah Tahun Baru 2020.

“Sampai sepekan ini, ternyata kami belum diberitahu, kapan para dewan akan memberikan kesempatan bagi kami untuk audiensi. Karena itu, kami datang ke sini (Kantor DPRD) untuk menanyakan kejelasan itu,” katanya.

Namun, sampai di Kantor Dewan, para Ibu Pegunungan Kendeng Utara ini hanya ditemui oleh humas. Bahkan humas pun tidak bisa memberikan kepastian kapan akan dipertemukan dengan anggota Komisi D.

Gunarti dan belasan anggota kelompoknya mengaku kecewa lantaran Komisi D belum menanggapi janjinya. Padahal, masalah RTRW Pegungan Kendeng itu, menurutnya sangat penting.

Terlebih, saat ini banjir sudah melanda sebagian wilayah Pegunungan Kendeng. Sehingga, hal itu harus segera diperhatikan. Apalagi, masyarakat sekitar sudah merasakan dampaknya.

“Kami hanya ingin meminta agar kawasan Pegunungan Kendeng ini dikembalikan fungsinya seperti semula. Yakni untuk kawasan lindung, pertanian dan pariwisata. Kalau yang terjadi saat ini, Kendeng kan dijadikan industri dan pertambangan, kami mengkhawatirkan itu,” tegasnya.

Ia menilai, jika perindustrian dan pertambangan di kawasan Pegunungan Kendeng itu dibiarkan, maka kondisinya akan membahayakan lingkungan.

“Kalau kawasan Kendeng dikembalikan seperti semula, kami sangat senang, kami juga siap membantu,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.