Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kakek Usia 70 Tahun di Jepara Berhasil Diselamatkan dari Dalam Sumur

MURIANEWS, Jepara – Seorang kakek berusia 70 tahun bernama Giman, di Desa Langon, Kecamatan Tahunan, Jepara terjebur ke dalam sumur. Kejadian ini sempat menimbulkan kepanikan warga, karena usaha evakuasi harus dilakukan sampai Rabu (8/1/2020) dinihari.

Menurut keterangan Kordinator Basarnas Jepara Wisnu Yuas, kejadian ini berlangsung Rabu (7/1/2020) sekitar jam 22.30 WIB. Mbah Giman diketahui menantunya, Eko Santoso (32) terjebur ke dalam sumur rumah mereka sendiri.

Eko Santoso mengaku mendengar suara keras dari arah sumur dan kemudian mengeceknya. Ternyata mertuanya tercebur dalam sumur.

Selanjutnya si menantu meminta tolong tetangganya, dan melaporkan kejadian ini ke pihak berwenang termasuk Basarnas Jepara.

“Kami kemudian langsung mengirimkan tim evakuasi ke lokasi kejadian. Usaha evakuasi akhirnya kami lakukan dan akhirnya berhasil mengevakuasi Mbah Giman. Beliau masih selamat dan langsung di bawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan,” ujar Wisnu Yuas, Rabu (8/1/2020).

Upaya penyelamatan dilakukan oleh Basarnas dan tim gabungan pada pukul 23.50 WIB. Dengan menggunakan perlengkapan SRT (Sigle Rope Tehnik), Mbah Giman akhirnya berhasil diselamatkan pada pukul 00.20 WIB.

Dari informasi pihak keluarga Mbah Giman selama ini sudah mengalami kepikunan karena usianya. Diduga kakek renta ini terpeleset saat akan buang air di malam hari itu.

Kemungkinan Mbah Giman bermaksud menimba air di sumur yang kedalamannya mencapai kurang lebih 15 meter.

“Kondisi Mbah Giman saat berhasil dibawa naik dari dasar sumur cukup baik. Mungkin beliau hanya mengalami trauma. Soal cedera atau luka, kami tidak berani memastikan. Hanya lecet-lecet yang kami ketahui saat itu,” tambah Wisnu Yuas lagi

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan dr Pramita, dokter Puskesmas Kedung 1, korban mengalami trauma tercebur. Sedangkan untuk kondisi fisik, Mbah Giman hanya mengalami lecet-lecet.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Mbah Giman dibawa pulang untuk menjalani rawat jalan dan observasi di rumah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...