Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Turun Lagi, Debit Bendungan Wilalung Kudus Hari Ini Cuma 258 M3 Per Detik

MURIANEWS, Kudus – Pantauan Bendungan Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kudus terpantau aman, Rabu (8/1/2020). Debit air di Bendungan Wilalung kembali mengalami penurunan dan kini berada di angka 258 M3/detik.

“Sampai Rabu pagi aman masih, debit aur malah turun lagi,” kata Penjaga Bendungan Wilalung yang terletak di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kudus, Noor Ali, Rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, debit bendungan pengendali banjir itu hingga hari ini kembali mengalami penurunan. Saat ini debit air mencapai 258 m3/detik. Padahal, Selasa (7/1/2020) debit air mencapai 375 M3/detik. Dibanding hari sebelumnya debit bendungan wilalung mencapai 550m3/detik.

“Untuk hari ini tidak dalam kategori banjir. Karena berada di bahwa siaga satu,” lanjutnya.

Noor Ali mengatakan, ada beberapa kategori dinyatakan siaga di bendungan tersebut. Untuk siaga satu debit air diangka 400-500 M3/detik. Siaga dua 500-550 M3/detik. Serta siaga tiga, 550 M3/detik keras.

“Debit air di bawah 400 M3/detik. Jadi sudah aman. Tidak banjir,” jelasnya.

Lebih lanjut, bendungan itu memiliki fungsi untuk pengendalian banjir. Untuk di sungai Wulan daerah Demak sampai pesisir pantai.

“Kemudian, di sungai Juana wilayah Kudus, Pati dan Juwana,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...