Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kapal Tongkang Kandas Dekat Bangunan Kura-Kura Rakasasa Jepara

MURIANEWS, Jepara –  Cuaca buruk yang terjadi dalam sepekan terakhir membuat beberapa kapal yang beroperasi di Perairan Utara Jepara harus berlindung. Salah satu lokasi yang paling aman digunakan untuk berlindung adalah perairan sekitar Pulau Panjang di sebelah barat Jepara.

Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Syahbandar Jepara Trijotho S, menyatakan ada beberapa kapal tongkang beserta tagboat yang berlindung. Selain itu juga ada kapal tanker dalam ukuran kecil yang juga menyelamatkan diri dari cuaca buruk yang terjadi.

Kapal-kapal tersebut merupakan kapal-kapal yang biasa beroperasi di PLTU Tanjung Jati B, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Jepara. Karena ketinggian gelombang dan kecepatan angin yang terjadi, mereka memilih menyelamatkan diri di perairan sekitar Pulau Panjang.

“Ada 4 kapal tongkang beserta tagboat yang menariknya berlindung di situ. Dua di antara tagboat adalah kapal crane. Kemudian ada juga satu kapal tangker yang terpaksa berlindung di perairan Pulau Panjang,” ujar Trijotho, Rabu (8/1/2020).

Sementara itu, salah satu tongkang diketahui terdampar di dekat Pantai Kartini Jepara. Tongkang tersebut kandas di atas karang pelindung daratan Pantai Kartini Jepara. Lokasinya sekitar 200 meter dari bangunan Akuarium Kura-kura Raksasa di Pantai Kartini Jepara.

Manajer Pantai Kartini Jepara, Joko Wahyu Sutedjo menyatakan, tongkang tersebut sudah sepekan terakhir berada di lokasi. Awalnya pihaknya sempat khawatir, ombak dan angin bisa membawa tongkang tersebut menghantam bangunan fasilitas di Pantai Kartini Jepara.

Namun setelah melihat perkembangannya, pihaknya menyatakan sudah tidak terlalu khawatir lagi. Sebab tongkang tersebut sudah tersangkut di atas karang yang ada di pinggiran pantai, yang jaraknya sekitar 100-an meter dari garis pantai.

“Sepertinya sudah tidak bisa bergerak lagi tongkangnya, karena sudah kandas. Kami sebelumnya sempat khawatir juga. Tapi sepertinya sudah tidak apa-apa,” ujar Joko Wahyu, Rabu (8/1/2020).

Akibat kandasnya tongkang tersebut, kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada karang pelindung daratan Pantai Kartini Jepara. Karena terkena badan tongkang, bisa saja akan menimbulkan amblesnya karang pelindung yang ada.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...