Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KMP Siginjai Akhirnya Diizinkan Berlayar Ke Karimunjawa, Angkut Sembako dan BBM

MURIANEWS, Jepara – Otoritas pelayaran di Jepara, akhirnya memberikan izin berlayar untuk KMP (Kapal Motor Penyeberangan) Siginjai ke Karimunjawa. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara, Kamis (8/1/2020) pukul 06.30 WIB.

Kepala UPP (Unit Pelayanan Pelayaran) Syahbandar Jepara Trijotho S, menyatakan cuaca memungkinkan dilakukannya pelayaran untuk KMP Siginjai. Namun untuk dua kapal lain yang ukuran dan konstruksinya berbeda, masih belum diizinkan.

Sesuai dengan informasi dari BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika), cuaca di Laut Utara Jawa dinyatakan masih aman untuk KMP Siginjai. Ketinggian gelombang berkisar antara 1,5 -2 meter. Sedangkan kecepatan angin mencapai 10-15 knot.

“Situasi cuaca masih memungkinkan untuk KMP Siginjai yang memiliki ukuran lebih besar dibanding dua kapal cepat yang ada. Untuk kapal cepat masih belum kami berikan izin untuk pelayaran hari ini,” ujar Trijotho S, Rabu (8/1/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deny Hendarko menyatakan, KMP Siginjai yang berlayar ke Karimunjawa mengangkut penumpang dan berbagai kebutuhan masyarakat. Satu truk tangki BBM milik Pertamina juga termasuk yang diangkut pada Rabu (8/1/2020).

Untuk jumlah penumpang yang diangkut mencapai 168 orang. Kemudian ada 25 unit sepeda motor, mobil 1 unit, truk 5 unit, dan barang seberat kurang lebih 10 ton. Barang-barang yang dibawa sebagian besar merupakan bahan kebutuhan pokok dan BBM warga Karimunjawa.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik, selamat sampai ke Karimunjawa. Jadwal yang ada menyebutkan, KMP Siginjai baru akan balik ke Jepara, pada Kamis (9/1/2020) besok,” ujar Denny Hendarko, Rabu (8/1/2020).

Sementara itu Kabid Perhubungan Laut di Dishub Jepara, Suroto menyatakan, dari Siaran Radio Pantai (SRP), situasi dan kondisi di perairan utara Jepara masih memungkinkan. KMP Siginjai dengan spesifikasi kapanya, masih aman untuk menjalani trip Jepara-Karimunjawa.

Baca: Pelayaran Ditutup, Stok Elpiji di Karimunjawa Kosong

Mendung tebal dan hujan deras yang sempat menyertai keberangkatan KMP Siginjai berdasarkan laporan itu, hanya terjadi di daratan Jepara. Sedangkan di laut lepas perairan utara Jepara, situasi dan kondisi masih memungkinkan untuk KMP Siginjai berlayar.

“Kami terus memantau semua perkembangan yang ada di perairan utara Jepara. Dari SRP, situasinya masih aman. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa,” ujar Suroto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...