Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sampai Malam Ini Banjir di Pati Selatan Meluas ke Tiga Kecamatan

MURIANEWS, Pati – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Pati bagian selatan, Senin (6/1/2020) malam terus meluas. Tercatat desa-desa di tiga kecamatan sudah tergenang banjir.

Yakni di Kecamatan Kayen, Sukolilo, dan Tambakromo. Banjir yang melanda Kayen dan Sukolilo menyebabkan jalan utama menuju Kabupaten Grobogan terendam setinggi 40 sentimeter.

Banjir juga menggenangi Alun-Alun Kayen dengan ketinggian 50 sentimeter, hingga jalan di depan RSUD Kayen tak bisa dilintasi kendaraan.

Sementara di Kecamatan Tambakromo, banjir juga sudah masuk di sebagian rumah-rumah warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun MURIANEWS, banjir tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Bencana itu muncul karena intensitas hujan tinggi yang terjadi di wilayah Tambakromo.

Warga Desa/Kecamatan Tambakromo Sutrisno mengatakan, banjir sudah menggenangi sebagian jalan umum. Untuk rumah yang pondasinya lebih rendah dari tinggi jalan, juga sudah ada yang tergenang.

“Ini banjir kiriman. Kalau di sini sendiri, hujan memang cukup deras, tetapi biasanya tidak sampai berdampak banjir,” katanya, Senin (6/1/2020) malam.

Baca: Kayen dan Sukolilo Pati Banjir, Jalan ke RSUD Tak Bisa Dilintasi

Akibat banjir di Tambakromo ini, warga desa setempat juga berhamburan keluar rumah. Mereka memastikan apakah debit air akan bertambah atau justru berkurang.

Meski demikian warga tetap waspada apabila ada banjir datang. Sebagian dari mereka juga sudah ada yang mengamankan perabot rumah tangga.

“Kalau warga kami setiap musim hujan seperti ini, pasti selalu siap, maksudnya siap mengamankan barang yang ada di rumah, takut kalau terbawa air,” pungkasnya.

Sementara itu, Agus Riyanto, salah watu warga Trimulyo, Kecamatan Kayen yang juga terdampak banjir mengatakan banjir di daerahnya merupakan kiriman dari Pegunungan Kendeng. Mengingat, kondisi cuaca di sekitar Kayen hanya gerimis. Sementara informasi yang didapatnya, wilayah Pegunungan Kendeng terjadi hujan lebat.

“Kirimam air dari Pegunungan Kendeng. Desa Beketel, Purwokerto, dan Durensawit memang hujan deras, sehingga air ke bawah melalui aliran Sungai Mangin debitnya meningkat. Bahkan sampai di Desa Slungkep dan Trimulyo,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...