Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Perahu Warga Puncel Pati Terbalik Diterjang Ombak, Dua Nelayan Selamat

MURIANEWS, Pati – Perahu yang ditumpangi dua nelayan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati yang nekat melaut, diterjang gelombang saat melaut di Perairan Sumurtowo, turut Desa Kembang, Senin (6/1/2020) siang.

Dua nelayan tersebut yakni Supardi Warso (59) warga RT 02, RW 05 dan Sujari (50) RT 03 RW 05. Keduanya merupakan warga Desa Puncel.

Menutut penuturan Sumarlan, perangkat desa setempat, kedua nelayan itu pergi melaut pukul 05.00 WIB. Keduanya sudah beranjak pulang sekitar pukul 11.00 WIB, saat dihantam gelombang tinggi.

“Kami mendapatkan informasi terjadinya laka laut yang menimpa warga saya, sekitar pukul 11.00 WIB. Dari keterangan korban, perahu yang ditumpangi sempat dihantam gelombang sebanyak tiga kali sampai akhirnya perahu terbalik,” ujarnya.

Tim SAR dan sejumlah nelayan yang mendapat informasi terjadinya kecelakaan tersebut segera melakukan pencarian. Beruntung, dua nelayan yang berada di dalam perahu jenis sopek itu berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Ditambahkan, sebelum ditemukan tim penyelamat kedua nelayan memakai baju pelampung dan jeriken berukuran 30 liter untuk mengapung di perairan. Akhirnya, kedua nelayan tersebut berhasil ditemukan di perairan yang berjarak lima mil dari Pantai Sumurtowo.

“Kedua nelayan ini berhasil diselamatkan di perairan dengan kedalaman tiga meter. Sementara perahu korban berhasil dievakuasi ke muara Sungai Nipah, Desa Tegalombo, sebelum akhirnya ditarik ke Sungai Puncel,” katanya.

Akibat kecelakaan ini, korban mengalami kerugian jutaan rupiah. Selain ikan hasil tangkapan yang hilang, mesin dan perahu mengalami kerusakan.

“Perkiraan ikannya laku Rp 200 ribu, ditambah mesin yang rusak dan lantai perahu yang hilang saat dihantam gelombang,” jelasnya.

Sumarlan juga berharap, agar nelayan di desanya untuk sementara tidak melaut. Mengingat, saat ini gelombang di perairan laut Pati Utara sedang tinggi.

“Cuaca seperti saat ini, lebih baik jangan melaut dulu. Karena tinggi gelombang bisa mencapai 3 meter,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...