Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir

MURIANEWS, Pati – Setidaknya ada 40 hektare lahan persawahan yang terendam banjir di Desa Soko dan Koripandriyo, Kecamatan Gabus, Pati. Hal itu karena tanggul sungai di Desa Sunggingwarno jebol hingga air menenggelamkan sawah tersebut.

Kepala Desa Koripandriyo Ishariyanto mengatakan, tanggul sungai di Sunggingwarno yang jebol itu berdampak sampai ke desanya. Akibatnya, sebanyak 15 hektare sawah di Desa Koripandriyo terendam banjir.

“Kalau sawah di Koripandriyo sekitar 13 sampai 15 hektare. Sedangkan di Desa Soko lebih dari itu. Mungkin dari dua desa terdampak ini sekitar 30 sampai 40 hektare,” jelasnya ketika ditemui di balai desa setempat, Senin (6/1/2020).

Sebelumnya, tanggul sungai di Desa Koripandriyo juga jebol. Hanya, sebelum hujan lebat datang, tanggul sudah berhasil diperbaiki. Kemudian, pada saat intensitas hujan tinggi, tanggul sungai Sunggingwarno juga ikut jebol.

Apalagi, bersebelahan dengan Sungai Sunggingwarno itu, terdapat hektaran sawah yang mencakup tiga desa. Hanya saja, yang paling parah adalah di Soko dan Koripandriyo.

“Ini sekitar 10 meter yang jebol dengan ketinggian tanggul dua meter. Kita juga sudah koordinasi dengan pihak Desa Soko. Kita akan sediakan material kemudian kerja bakti,” katanya.

Saat ini, sejumlah warga sudah melakukan penambalan untuk tanggul yang jebol itu. Hanya saja, mereka tuai banyak kendala. Terutama untuk pengedropan material, lantaran akses jalan yang cukup sulit. Apalagi, letaknya juga diareal persawahan.

“Kami memang terkendala medan. Satu-satunya dengan cara manual, yakni pengangkutan material ditempuh dengan jalan kaki sekitar 30 menit,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...