Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ratusan Pendekar Silat Berbagai Perguruan Ramaikan Tradisi Pencak Dor

MURIANEWS, Kudus – Ratusan pendekar pencak silat dari berbagai perguruan di Indonesia hadir dan mengikuti gelaran Pencak Dor yang diselenggarakan Pagar Nusa Kabupaten Kudus, di Lapangan Merdeka, Wergu Wetan, Kudus, Minggu (5/1/2020).

Ring sederhana terbuat dari bambu pun menjadi arena para petarung untuk menggelar tradisi yang sudah dilaksanaka sejak tahun 1960-an tersebut. Hujan yang mengguyur Kota Kretek juga tak dihiraukan para penonton yang terus menyorakkan semangatnya pada para pendekar yang berlaga.

Husnul Khitam, Ketua Pagar Nusa Kudus mengatakan esensi dari Pencak Dor bukanlah tentang adu kekuatan. Pencak dor, katanya, juga tidak menentukan siapa yang menang maupun siapa yang kalah. “Esensinya tidak mencari siapa terkuat,” ucapnya.

Hal yang paling penting, lanjutnya, adalah nguri-nguri budaya yang telah ada sejak tahun 1960-an. Selain itu, ajang Pencak Dor yang pihaknya gelar juga ditujukan untuk memperkenalkan kesenian tersebut ke masyarakat luas.

“Kami ingin memperkenalkannya di Kudus, ini pertama kalinya,” katanya.

Pihaknya pun berharap jika kedepannya, tradisi Pencak Dor bisa dikenal dan diterima masyarakat luas di Kota Kretek. Hingga kini, lanjutnya, jumlah anggota Pagar Nusa sendiri yang ada di Kudus mencapai ribuan orang.

“Kebanyakan mengikuti kegiatan Pencak Dor, ucapnya.

Husnul menambahkan, digelarnya kegiatan Pencak Dor juga merupakan untuk memperingati harlah Pagar Nusa ke-34. “Ini adalah salah satu acara untuk memperingati Harlah Pagar Nusa ke-34,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...