Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Aliran Tersumbat Sampah, Warga Banjarsari Pati Bersihkan Sungai Antisipasi Banjir

MURIANEWS, Pati – Banyaknya sampah yang menyumbat di dam Sungai Gono Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus, Pati, disinyalir menjadi salah satu penyebab banjir. Untuk itu, warga setempat gotong royong untuk membersihkan sungai tersebut.

Kepala Desa Banjarsari Edy Margiyono mengatakan, sebelumnya ada banyak sampah di sungai ini. Rata-rata adalah sampah dari ranting bambu dan limbah kayu yang dapat menyumbat aliran air.

Karena itu, pihaknya mengajak warga untuk membersikan Sungai Gono tersebut. Apalagi, saat ini intensitas hujan sudah tinggi. Apabila dibiarkan menyumbat, nantinya aliran air tidak bisa lancar.

“Khawatirnya airnya meluap dan menggenangi pemukiman warga. Karena, saat ini curah hujan sudah tinggi,” ungkapnya, Sabtu (4/1/2020).

Dia menambahkan, sampah tersebut rata-rata memang kiriman dari hulu. Tidak sedikit pula sampah rumah tangga yang menyumbat aliran sungai.

“Semua warga sudah tahu, desa kami ini saat musim hujan pasti terdampak banjir. Karena itu, masyarakat sudah sadar sepenuhnya untuk membersihkan sungai agar air tidak mudah meluap,” terangnya.

Dirinya berharap, pemerintah daerah (pemda) dapat mengantisipasi masalah banjir. Terutama yakni dengan memperhatikan kondisi sungai yang ada di desa-desa yang rawan.

“Kalau dilakukan pengerukan sungai, setidaknya kan dapat sedikit mengurangi kerawanan banjir. Karena di desa kami ini lagganan (banjir), kami sudah berupaya sekuat tenaga untuk mengantisipasi dan siap siaga,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...