Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kepincut TPI Juwana, Tarakan Ingin Jadikan Pati Sister City

MURINEWS, Pati – Effendhi Djuprianto, Wakil Wali Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, mengaku terkesima melihat pola pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Juwana.

Bahkan, pihaknya ingin menjalin kerja sama untuk meningkatkan sektor perikanan. Ia menyebut, ia ingin Tarakan dan Pati menjadi sister city.

“Saat ini di wilayah Kalimantan Utara belum ada TPI. Masih ikut Malaysia (TPInya). Karena itu kami akan coba bangun kerja sama dengan Pati. Kalau perlu ada sister city dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis perikanan,” katanya.

Dia mengatakan, di daerah asalnya terdapat sekitar 10-15 mil zona eksklusif yang belum dimanfaatkan nelayan lokal. Kalaupun ada, sebutnya, nelayan di sana juga berasal dari wilayah Pantura Jawa, termasuk dari Pati.

“Saya sudah pelajari, nelayan Pantura ini kan kalau mau bawa pulang (ikan) ke sini (butuh waktu) lebih dari dua bulan. Barangkali lebih baik nanti kita kerja samakan. Nanti base-nya ada di sana, finishing-nya bisa ke sini, atau bisa juga langsung ekspor. Kita akan menekan cost dan menaikkan perdagangan internasional, kalau memang orientasinya ekspor,” paparnya.

Effendhi menyebut, realisasi kerja sama ini masih perlu dibicarakan dengan Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin. Jika kerja sama ini nantinya benar-benar bisa direalisasikan, pihaknya bisa menyediakan lahan untuk keperluan kerja sama industri perikanan.

“Untuk satu lokasi industri, tadi saya lihat minimal lima hektare, di sana (Tarakan) kami bisa sediakan lebih dari itu. Untuk penerapan teknologinya, kapalnya, mungkin bisa dari sini, melalui kerja sama, bisa juga nanti kita menggandeng swasta,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...