Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Satgas Penanggulangan Bencana Tingkat Desa Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

MURIANEWS, Kudus – Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan menginstruksikan pada para satgas tanggap bencana tingkat daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanganan bencana.

Selain kesiapsiagaan, pengawasan pada potensi-potensi bencana juga diharapkan bisa ditingkatkan di masing-masing satgas pada tiap desa. Terutama pada desa-desa yang memang masuk dalam wilayah rawan bencana.

“Kami instruksikan untuk satgas-satgas tiap desa agar meningkatkan kewaspadaannya,” katanya.

Hingga kini, pihaknya pun terus memonitoring daerah-daerah dengan potensi bencana yang tinggi. Terutama pada daerah yang rawan tanah longsor. Pergerakan tanah pun terus diawasi oleh pihaknya maupun satgas desa.

“Sejauh ini sudah muncul satu retakan pada Desa Japan,” lanjutnya.

Walau baru terindikasi satu hingga dua titik, Bergas tidak memungkiri jka dimungkinkan masih banyak wilayah – wilayah khususnya bagian atas terjadi keretakan tanah. Hal tersebut merupakan akibat dari musim kemarau di tahun ini.

“Keretakan tanah itu bila terjadi hujan deras dan lebat dapat mengakibatkan longsor,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya pun meminta satgas maupun warga sekitar turut memantau adanya pergerakan maupun retakan-retakan tanah di wilayahnya. Dengan begitu, pihaknya bisa mengantisipasi dengan segera.

Sejauh ini, tambahnya, potensi bencana baik banjir dan tanah longsor masih berada di wilayah-wilayah yang sama dari tahun sebelumnya. Peran masyarakat pun sangat diharapkan untuk mencegah ataupun mengurangi dampak dari bencana.

“Inisiatif masyarakat sangat dibutuhkan untuk ikut memberikan informasi bila terjadi bencana di wilayahnya,” terangnya

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...