Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Info Kampus

Mahasiswa KKN Undip Diminta Bantu Kembangkan UMKM Jepara

MURIANEWS, Jepara – Pemkab Jepara menerima 182 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (3/1/2020). Para mahasiswa di terima oleh Asisten II Sekda Jepara Mulyaji di Pendapa Kabupaten Jepara.

Mahasiswa KKN tersebut rencananya akan menjalani kegiatan sampai Febuari 2020 mendatang di sejumlah desa wilayah Kabupaten Jepara. Melalui kegiatan ini diharapkan ada sebuah hubungan simbiosis mutualisme antara para mahasiswa dan masyarakat.

Mulyaji menyatakan, Pemkab Jepara juga berkepentingan atas kehadiran para mahasiswa. Kegiatan KKN mereka di Kabupaten Jepara paling tidak juga bisa membantu dalam usaha memberdayakan masyarakat.

“Secara spesifik mungkin para mahasiswa ini bisa ikut membantu mengembangkan bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Jepara,” ujar Mulyaji.

Mahasiswa KKN Undip, akan disebar di tiga lokasi kecamatan yaitu, Kecamatan Kedung, Kalinyamatan dan Jepara. Selanjutnya akan dibagi lagi ke masing-masing desa.

Kehadiran mahasiswa ini diharapkan bisa menimbulkan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat Jepara. Dengan kemampuan yang ada pada mereka, masyarakat akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

Jepara mempunyai banyak potensi industri dan UMKM, yang saat ini masih perlu didorong menjadi lebih baik. Kehadiran mahasiswa ini diharapkan bisa menjadi motivasi agar potensi tersebut bisa lebih maju.

“Ada tiga sektor yang mendominasi di Jepara. Masing-masing perdagangan, industri dan pertanian. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi masih di sektor industri, kemudian disusul perdagangan dan pertanian. Dari lokasi KKN yang ada mempunyai semua potensi tersebut, kecuali Kedung. Wilayah ini memiliki potensi budidaya perikanan dan kelauatan,“ tambah Mulyaji.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Karir Undip Semarang Handjoyo Joko Waluyo mengatakan, mahasiswa KKN ini siap mengabdikan diri dan membantu memecahkan kesulitan masyarakat.

Para mahasiswa ini berasal dari 11 fakultas di Undip, mulai dari Kedokteran, Teknik, Hukum, Peternakan dan Perikanan, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial dan Politik hingga Ilmu Budaya.  Sebelum terjun di lapangan mereka sudah diberikan bekal terlebih dulu dari kampus.

“Selain di Jepara, hari ini kami juga mengirim mahasiswa KKN di Kabupaten Pemalang, Semarang, Pati dan Rembang,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...