Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Baru Diresmikan, Jalan di JLS Pati Sudah Ambles

MURIANEWS, Pati – Dua pekan usai diresmikan, salah satu titik jalan di Jalur Lingkar Selatan (JLS) Pati ambles. Pihak kontraktor pemegang proyek menyebut, amblesnya jalan ini lantaran curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten Pati beberapa hari terakhir.

Titik jalan yang ambles berada di KM 72 + 450, atau tepatnya di lajur utara sisi timur jembatan dengan kedalaman 20 cm. Kemudian untuk panjang jalan yang ambles mencapai 7,5 meter.

Kasih, Pelaksana Lapangan PT Delta Marga Adyatama sebagai kontraktor proyek mengatakan, amblesnya jalan tersebut lantaran intensitas hujan tinggi pada Kamis (2/1/2020) kemarin. Sehingga, membuat kontur tanah di bawah aspal mengalami perembesan.

“Betul (ini baru diresmikan dua pekan laku), tetapi karena bencana alam, kami akan tetap bertanggungjawab,” katanya saat meninjau lokasi ambles, Jumat (3/1/2020).

Dia menyebut, di median jalan kebetulan ada lubang, sehingga air hujan langsung mengarah ke badan jalan lajur utara. Karena air yang masuk ke badan jalan terlalu banyak, akibatnya tanah yang berada di bawah aspal tidak kuat menahan beban jalan.

“Ketebalan aspalnya sendiri 27 sentimeter. Tetapi karena curah hujan tinggi dan air yang masuk ke badan jalan banyak, tanahnya menjadi lembek hingga tidak kuat menahan beban,” ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya sudah menerjunkan dua alat berat untuk memperbaiki jalan yang ambles tersebut. Terpaksa, arus lalu lintas dari arah barat harus dialihkan sementara pada lajur selatan.

“Perbaikan kira-kira dua hari. Kendaraan sementara kami alihkan dulu, hingga proses perbaikan benar-benar selesai,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...