Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pejabat di Pati Tandatangani Pakta Integritas Tak Selewengkan Anggaran

0 86

MURIANEWS, Pati – Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sebagai barometer dalam merealisasikan anggaran di Kabupaten Pati, Kamis (2/1/2020) dibagikan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Setiap pejabat di tingkat OPD diminta menandatangani pakta integritas untuk menjamin anggaran digunakan sebagaimana mestinya.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, DPA merupakan dokumen pedoman dalam penggunaan APBD 2020. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Pati Nomor 13 Tahun 2019 tentang APBD 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 81 Tahun 2018 tentang Penjabaran APBD Kabupaten Pati 2020.

“Ini dalam rangka untuk mewujudkan kesatuan langkah dan sistem keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Lantaran DPA 2020 merupakan dokumen dasar dalam menjalankan program,” katanya.

Selain itu, para kepala OPD diminta untuk menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen agar pengguna anggaran ini tidak menyimpang dari aturan yang ada. Serta, penggunan harus sesuai dengan perencanaan.

“Tidak boleh korupsi dan menggunakan anggaran ini melebihi dari apa yang direncanakan. Harus seefisien mungkin,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan terus memantau penggunaan anggaran tersebut. Karena harus ada tanggung jawab secara formal atau material. Hal itu semisal terjadi persoalan hukum maka harus dipertanggung jawabkan.

“Setiap kali ada pejabat baru pasti membuat pakta integritas dan ini sebagaimana arahan KPK, untuk pencegahan. Kita kontrol tiap triwulan akan dievaluasi. Sampai sejauh mana penyerapan anggaran itu,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.