Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Museum Kretek Kudus Tambah Koleksi Baru

MURIANEWS, Kudus – Museum Kretek Kudus saat ini memiliki tambahan koleksi dari perusahaan rokok dan Bea Cukai. Penambahan ini diharapkan bisa membuat satu-satunya museum tentang rokok di Indonesia itu semakin menjadi daya tarik sendiri untuk mengetahui sejarah rokok di Kudus.

“Untuk koleksi museum memang ada penambahan baru,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Museum Kretek Kabupaten Kudus, Kasman Sutiyono.

Ia mengatakan, untuk koleksi baru tersebut di antaranya buku catatat Nitisemito, timbangan tembakau, hingga invetarisasi Bea Cukai Kudus tentang logo-logo perusahaan rokok yang ada di Kudus.

“Yang inventarisasi perusahaan rokok ini hanya yang masih aktif. Kurang lebih, di Kudus ini ada sebanyak 16 perusahaan rokok kretek. Kami juga mendapat buku catatan Nitisemito. Rencananya buku ini akan diseminarkan mulai triwulan kedua,” jelasnya.

Sedangkan untuk logo rokok juga masih dicek terlebih dahulu. Dengan demikian, masyarakat nantinya bisa mengetahui secara pasti tentang logo-logo perusahaan rokok yang ada di Kota Kretek ini.

Sementara itu, hingga kini kurang lebih ada sebanyak 1.195 koleksi kisah tentang sejarah munculnya rokok kretek yang tersimpan di Museum Kretek. Koleksi itu meliputi, gambar dokumentasi, alat giling cengkeh, alat giling tembakau, alat perajang tembakau, hingga miniatur jenis-jenis produk rokok kretek dari zaman dahulu ada di Museum Kretek.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...