Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tersebar di Medsos, Chat Ganjar dengan Bupati-Wali Kota Soal Banjir Viral

MURIANEWS, Semarang – Percakapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan bupati/wali kota di Jateng tersebar di media sosial. Percakapan yang membahas tentang bencana banjir itu pun viral dan menuai ratusan komentar di setiap grup Facebook maupun Twitter.

Percakapan itu tersebar melalui tangkapan layar WhatsApp Grup (WAG). Dalam tangkapan layar itu, terlihat Ganjar Pranowo berkoordinasi dengan bupati/wali kota. Ganjar memulai percakapan dengan  kalimat ‘Yth Bpk/Ibu bgmn kondisi wilayah panjenengan akibat hujan kemarin (sampai hari ini)?’.

Pertanyaan itu kemudian langsung direspon para bupati dan wali kota dengan melaporkan kondisinya di daerahnya masing-masing.

Pertama yang membalas adalah Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, ”Lapor Kebumen aman Pak Gub.”

Menyusul, Bupati Pati Haryanto, Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Kudus Hartopo. “Ijin Pak Gub Jekulo timur ada luapan air sebentar karena hujan lebat. Itu dikarenakan banyaknya sampah di selokan. Kudus ada tiga titik potensi tergenang air. Team sudah saya siapkan,” tulis Hartopo.

Postingan percakapan ini mulai viral saat Ganjar mempostingnya di akun medsos pribadinya baik di Facebook maupun Twitter @ganjarpranowo pada Rabu (1/1/2020). Reaksi lebih ramai terlihat ketika Ganjar juga mempostingnya di akun Instagram @ganjar_pranowo. Belum ada setengah jam, sudah 400-an komen yang datang.

Hingga Kamis (2/1/2020) pagi, di akun Facebook Ganjar Pranowo @Ganjarpranowooffical, postingan itu telah dikomentari dan dibagikan ratusan kali.

Banyak netizen memuji langkah antisipasi dan koordinasi yang dilakukan Ganjar bersama jajarannya. Terlebih, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan banjir yang melanda DKI Jakarta.

Akun @DenySaputra salah satunya yang mengapresiasi WAG itu dalam tulisan komentarnya. “Mantab pak koordinasinya. Semua bisa terpantau dan semua melapor pak. Sukses selalu saya dari jambi,” tulisnya.

Ada pula netizen yang ikut nimbrung melaporkan kondisi wilayahnya, “pak grobogan masih aman pak,” komentar akun @gurliess.

Ganjar menyebut sudah membuat WAG itu sejak lama. Anggotanya adalah semua bupati dan walikota di Jateng.

Ia memanfaatkan WAG untuk berkoordinasi tentang segala hal. “Dari keamanan, bencana alam, harga bahan pokok semuanya. Lebih cepat dan efektif,” kata Ganjar.

Terkait antisipasi banjir, Ganjar telah menginstruksikan kepala daerah untuk siaga satu. Jika terjadi bencana, ia meminta keselamatan warga diutamakan.

Kamis (2/1/2020) hari ini Ganjar juga mengecel pompa-pompa di sekitar Kota Semarang, untuk memastikan penyedot air itu berfungsi baik.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...