Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan Deras, Tanggul Sungai Njawik Jekulo Kudus Jebol

MURIANEWS, Kudus – Tanggul Sungai Njawik, di Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kudus, jebol, Rabu (1/1/2020) malam. Jebolnya tanggul, diperkirakan karena tidak kuat menahan debit air yang tinggi karena hujan yang mengguyur Kota Kretek sedari siang.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan menjelaskan, jebolnya tanggul Sungai Njawik diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Dengan panjang tanggul mencapai 15 meter.

“Curah hujan tinggi menyebabkan penampang tidak kuat,” ucanya.

Selain itu, banyaknya sampah tanaman membuat arus air tertahan dan melambat. Hingga terjadilah tanggul jebol karena tak kuat menahan debet air yang cukup tinggi.

“Akibatnya beberapa RT terkena limpasan,” lanjutnya.

Beberapa RT yang terdampak, kata Bergas, di antaranya RT 02, RT 03, dan RT 04 pada RW 04 di Desa Pladen. Untuk sementara, tambahnya, pihaknya bersama warga akan membuat tanggul darurat sebagai penahan sementara.

“Kami bawa 500 lembar karung untuk pembuatan tanggul darurat, sementara telah kami bersihkan, pembuatan tanggul dilanjutkan hari ini,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...