Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Kecamatan Karangrayung Grobogan Surut, Warga Berharap Tanggul Jebol Cepat Ditangani

0 390

MURIANEWS, Grobogan – Musibah banjir yang sempat melanda wilayah Kecamatan Karangrayung pada penghujung tahun 2019 sudah surut. Meski demikian, sejumlah warga merasa khawatir akan terjadi banjir lagi.

Setelah banjir surut, diketahui ada banyak titik tanggul Sungai Jajar yang jebol. Warga berharap, tanggul jebol itu segera ditangani sehingga tidak menimbulkan banjir lagi ketika hujan deras mengguyur.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, ruas tanggul Sungai Jajar yang jebol ada sekitar tujuh titik dengan kedalaman sekitar dua meter dan panjang sekitar lima meter. Lokasinya ada di Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung. Kemudian, ada satu titik tanggul jebol di Desa Kemloko, Kecamatan Godong dengan kedalaman enam meter dan panjang sekitar lima meter.

“Panjang tanggul yang jebol ini kalau ditotal bisa berkisar 50 meteran. Karena titik yang jebol cukup banyak,” katanya, Rabu (1/12/2020).

Menurut Endang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk penanganan tanggul jebol. Yakni, dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, dan PSDA Jateng. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan DPUPR Grobogan.

“Kita sudah koordinasikan untuk penanganan tanggul jebol yang wilayahnya jadi kewenangan BBWS. Nanti, dari BPBD dan DPUPR siap mendukung penanganan tanggulnya. Secepatnya akan ditangani,” sambungnya.

Endang menambahkan, dampak banjir mengakibatkan sekitar 100 rumah di Desa Mojoagung kemasukan air dengan ketinggian sekitar 10-25 centimeter. Namun, beberapa jam kemudian, air yang masuk ke dalam rumah sudah surut dengan sendirinya.

Baca juga: Tanggul Sungai Jajar Jebol, Empat Desa di Kecamatan Karangrayung Grobogan Kebanjiran

Seperti diketahui musibah banjir melanda wilayah Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Selasa (31/12/2019). Banjir terjadi akibat hujan yang sangat lebat sejak siang hingga sore.

Akibat guyuran ini menyebabkan Sungai Jajar yang melintasi wilayah Karangrayung meluap airnya. Selain itu, banyakya volume air juga mengakibatkan tanggul sungai jebol.

Camat Karangrayung Hardimin menjelaskan, dari pendataan sementara, dampak banjir melanda empat desa. Yakni, Desa Sumberejosari, Mojoagung, Putatnganten, dan Rawoh.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.