Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Smartfren Tambah Kapasitas Jaringan Antisipasi Lonjakan Trafik di Malam Tahun Baru

0 99

MURIANEWS, Semarang – Lonjakan trafik layanan komunikasi baik data internet maupun suara diperkirakan akan terjadi selama malam pergantian tahun. Bahkan Smartfren memperkirakan lonjakan trafik akan terjadi mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB, dini hari nanti.

Munir SP, VP Technology Relations & Special Project Smartfren mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan ini, pihaknya telah melakukan optimasi dan penambahan kapasitas jaringan.

Ia menyebut, peningkatan kapasitas serta optimasi jaringan Smartfren telah dilakukan sejak 18 Desember 2019 lalu. Ini juga dilakukan untuk mendukung kelancaran komunikasi pada perayaan Natal 2019.

“Pada Tahun Baru, umumnya lonjakan komunikasi justru terjadi mulai pukul 18.00 – 02.00 WIB. Selama libur Natal kemarin kondisi jaringan Smartfren sangat baik dan tidak ada gangguan atau masalah kualitas yang berarti,” katanya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS, Selasa (31/12/2019).

Peningkatan kapasitas serta optimasi jaringan Smartfren juga dilakukan di beberapa lokasi yang menjadi pusat perayaan malam pergantian tahun dan diprediksi akan mengalami peningkatan trafik.

Antara lain di kawasan Monas, Ancol, Lapangan Merdeka di Medan Sumatera Utara, Tugu Paal Putih Jogjakarta, sepanjang Jalan. Malioboro Jogjakarta, Simpang Lima Semarang, Alun-Alun Kota Malang, dan juga Pantai Losari di Makassar.

“Bundaran Hotel Indonesia, dan Taman Impian Jaya Ancol menjadi penyumbang terbesar dari kenaikan trafik data Smartfren,” ujarnya.

Untuk tahun baru kali ini pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan trafik antara 15 hingga 20 persen. Hal ini seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan Smartfren.

“Untuk itu kami lakukan serangkaian persiapan agar komunikasi pelanggan selalu lancar ketika momen pergantian tahun dan setelahnya,” terangnya.

Selain melakukan optimasi jaringan, Smartfren juga melakukan langkah intensif network monitoring selama 24 jam penuh dan juga menyiagakan mobile BTS dan Task Force Team, yang akan langsung diturunkan jika terjadi kendala.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.