Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tarif Bikin SIM Paling Mahal Hanya Rp 120 Ribu, Begini Tata Caranya

89 887.809

MURIANEWS.com, Sukoharjo – Masyarakat yang hendak membuat surat izin mengemudi (SIM) atau melakukan perpanjangan, diminta untuk tidak menggunakan jasa calo. Pasalnya, polisi menjamin saat ini proses pembuatan SIM lebih mudah dan biayanya terjangkau.

Biaya mengurus SIM sendiri juga jauh lebih murah, ketimbang menggunakan jasa calo. Aiptu Joko Priyanto, Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo menyebut, tarif pembuatan SIM yang diberlakukan oleh pihak kepolisian sesuai dengan  PP Nomor 60 Tahun 2016.

Biaya paling mahal yakni hanya Rp 120 ribu. Tarif ini diberlakukan untuk pembuatan SIM baru untuk kategori SIM A, B1 dan B2. Sementara untuk pembuatan SIM C (kendaraan roda dua), baik C1 (motor di atas 250 cc) maupun C2 (motor di atas 500 cc) tarifnya sebesar Rp 100 ribu.

Di Satlantas Sukoharjo tarif lebih murah diterapkan untuk pembuatan SIM bagi kalangan difabel. Yakni SIM D, D1 maupun SKUKP. Tarifnya hanya Rp 50 ribu.

Meski demikian, ada tarif pembuatan SIM baru yang jauh lebih mahal dari jenis-jenis SIM tadi. Yakni SIM khusus yang bisa digunakan di berbagai negara, atau SIM Internasinal. Tarif pembuatannya dipatok sebesar Rp 250 ribu.

Tentu saja, tatif-tarif tadi belum termasuk biaya pemeriksaan kesehatan atau KIR dokter. Yang besarannya di tiap daerah berbeda-beda.

Sementara itu, untuk perpanjangan SIM kategori A, B1, dan B2 tarifnya ditetapkan sebesar Rp 80 ribu. Perpanjangan SIM kategori C, C1,C2 tarifnya Rp 75 ribu. Lalu untuk perpanjangan SIM kategori D, D1 tarifnya Rp 30 ribu. Dan perpanjangan SIM Internasional tarifnya Rp 220 ribu.

Syarat yang harus dipersiapkan untuk pembuatan SIM baru pun cukup mudah. Yakni hanya fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang nantinya digunakan untuk KIR dokter.

“Setelah KIR dokter, datang ke Satlantas mengisi blangko formulir, lalu ke bank untuk proses pembayaran, lalu didaftarkan. Usai daftar, foto, kemudian tes teori dan dilanjut tes lapangan,” katanya.

Namun jika sesi tes lapangan tidak lulus, maka pemohon diwajibkan untuk mengulang satu pekan kemudian. Tetapi jika dinyatakan lulus, maka berkas langsung dicetak. “Kalau lulus nanti langsung jadi, selama material blangko tersedia,” terangnya.

Sedangkan untuk perpanjangan SIM hanya membutuhkan fotokopi KTP dan SIM lama, tanpa melalui serangkaian tes. Kecuali, jika masa berlaku SIMnya sudah lewat.

”Kalau perpanjangan tidak melewati batas masa berlakunya berarti langsung tanpa tes. Tetapi jika melewati batas masa berlakunya maka harus mengawali proses baru lagi,” paparnya.

Dan untuk mengantisipasi adanya calo, Satlantas Polres Sukoharjo sudah memberi imbauan kepada masyarakat. Bahkan beberapa banner sudah terpasang di setiap sudut Satlantas.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, jika akan mengajukan SIM baik baru maupun perpanjangan agar tidak terpengaruh dengan calo. Meskipun sekarang ini sebagian masyarakat menginginkan hal yang instan tanpa melalui proses panjang.

“Kita mengharapkan masyarakat jangan mudah terpancing. Kita mengharapkan masyarakat bisa mengikuti, nanti di mana kelemahan dia (saat tes) nah mungkin dia bisa belajar di situ, dan kebanyakan di praktek. Kita kan punya SSDC (Sukoharjo Safety Driving Center) di Sonorejo dan masyarakat bisa berlatih di situ,” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

  1. Tiyang dusun berkata

    Itu retorika belaka. Faktanya tidak demikian dilapangan. Khususnya di daerah kami Blora. Membuat SIM C mendekati angka 500 ribu. Test prakteke di angel2 ben dho nembak. Saya yakin 98% membuat SIM didaerah kami hasil nembak.
    Terakhir saya baca keluhan warga di FB, pembuatan SIM A + C ia menghabiskan uang 1.350.000 an. Real, fakta!

  2. R Gathot berkata

    Faktanya mana?! Di daerah kami Wonosobo banyak yg tidak sesuwai dengan apa yg di terapkan di atas tadi. Malah banyak yg persulit.

  3. surro985 berkata

    BLORA memang is the best

  4. Suparman T berkata

    Sekarang ini membuat SIM jauh lebih mudah dan tertib. Bravo Pak Polisi.

    Bebagai pelayanan sdh disiapkan mulai Gerai Pelayanan Publik di Mall, Layanan SIM keliling dan tentu di kantor Polres sendiri.

    Dan yang penting ” TIDAK ADA CALO SIM” shg biaya SIM A cuma rp 135.000.

    Terimakasih Pak Polisi dan Polri. Bravo !

  5. Irfan berkata

    Kalo Rp 120 RB, kenapa di kabupaten Bulukumba bahkan sampai 500 yg paling murah SIM motor Rp 250.

  6. Bang ali berkata

    Memang dibuat susah tes dilapang, apakah naik kendaraan dijalan raya sama seperti tes pembuatan SIM, mungkin pak Kapolri bisa memerintahkan ke bawah, bisa menunjukan jalannya dan didaerah mans.

  7. Wahyudi berkata

    Jen banyak carita pak polisi, mahal mah urusan ribet, seharus nya klw tdk lolos tu di ajarin pak, bukan dsuruh2 besok datang lagi, bolak balik kau kira hanya itu aja kerja masyarakat indonesia ni apa?? Klw ada2 seperti itu ajak panco dan pacu lari polisi tu, gak akan sanggup nantang kalian do, aku uda pernah coba😂🤣

  8. christin ops berkata

    Kenapa SIM gak bisa seumur hidup?
    KTP aja sudah seumur hidup.
    Kan sudah ada serangkaian test untuk pembuatan SIM baru,,,trus buat apa perpanjangan SIM?
    Apa biar uang masuk mereka juga berkepanjangan?

  9. Putro kraton berkata

    Saya orang sukoharjo paham betul kami masyarakat sll di bodohi..
    Sedikit mengomentari hal di atas..
    1.calo adalah tangan kanan pegawai di lokasi tersebut
    2.tidak mungkin calo berani melakukan aksi tanpa di dekengi anggota dr kantor tsb.
    3. Calo semua pegawai di satlantas adalah calo dan sudah mengakar2 .
    4. Proses yang lama karena setiap pembuat sim jalur resmi selalu di sodok oleh jalur vip calo tersebut.. tau dr mana silhkan cek bagian kantor dsna ada satu komputer untuk jalur vip dan di luar ada 4 komputer yg 3 untuk jalur calo dan yg 1 untuk umum mknya lamaaa
    5. Ujian yg bener2 real hanya saat komputer yg di jalan garis sudah di kuasai pol calo juga..
    Saran saya lakukan penyegaran pegawai karena ini sudah dr dlu terbukti bahwa tempat tersebut menjadi lahan subur untuk para tikus2 bersarang.
    Kita mungkin tau tp pura2 tidak tau karena kami takut.. tapi ingat Alloh swt tau betul apa yg kalian kerjakan.. salam masyarakat sukoharjo yang sudah kalian kerjain dengan membayar 450 ribu

  10. Risma senga berkata

    Kmarin suami sy baru² ini jg prn ngurus sim c sktr 1 bln yg lalu dgn melakukan brbagai tes dn syarat yg di tentukan alhasil uang yg kmi kluarkan Mncapai skitar 300 rb keatas

  11. Marsan berkata

    Kalo teori atau aturan gak ada salahnya …. tapi…. prakteknya beda

  12. Arlancornor berkata

    Iya, perpanjangan sim c juga diminta juga banyak tes, padahal masa berlaku sim saya belum kelewatan, sama biaya perpanjangan dengan buat baru

  13. Sri Handayani berkata

    Faktanya TDK demikian…saya ngurus langsung Tampa calo ..sy ngurus perpanjangan SIM C ..SIM sy masih hidup kira2 seminggu lagi SIM mati… akhirnya sy di suruh bayar 200 RB…dengan kesel sy bayar juga dalam hati saya kapan ya korupsi ini bisa hilang…saya TDK ikhlas….

  14. Orang Binjai Estate berkata

    Faktanya TDK demikian…saya ngurus langsung Tampa calo ..sy ngurus perpanjangan SIM C ..SIM sy masih hidup kira2 seminggu lagi SIM mati… akhirnya sy di suruh bayar 200 RB…dengan kesel sy bayar juga dalam hati saya kapan ya korupsi ini bisa hilang…saya TDK ikhlas….

  15. Marso berkata

    Sbnarnya unt spy polisi tdk di duga mempersulit pengurusan SIM maka, kalo kita telaah dan kita simak lbh jauh, stiap pengguna kendaraan roda 2 ( dua)khususnya sdh bisa dg baik mngendaraibji jln ry, tinggal di beri arahn rambu2 lalu-lintas sj. Spy tercapai imej bhw polosi tdk mmpersulitnya, dan mnghindari percaloan. Selami ini tdk di terapkan, jngan slahkn masyarakat mengklaim bhw polisi dalang dari percaloan.

  16. Asep Supriadi berkata

    Yang sulit itu saat mengikuti test drive.. tidak ada standard penilaian , hanya dijadikan lahan, kedok pungli..

  17. Billy wondal berkata

    Selamat pagi pak. Mau tanya.. saya udah punya semua berkas berkas untuk buat sim. Mulai dari sidik jari,suratketerangan dokter sama tes di komputer.tapi kemarin di bikin di papua barat. Pertanyaannya apa berkas itu bisa di pake di manado

  18. Temmy berkata

    Ini artikel sih sepertinya benar tapi coba di baca dgn teliti, ada kata2 “belum termasuk biaya pemeriksaan dsb” hahahaha..biaya plus2 nya ini yg kagak jelas , dan note nya di setiap daerah berbeda…wkwkwk

  19. Fauzi berkata

    Wah, saya langsung ke kantor satlantas dan tnya kepada polisi yg bertugas malah dia blg 550rb tinggal beres, jadi sebenarnya calo itu ya pihak polisi juga.

  20. Lisandini Lisandi berkata

    Sementara tinggal di Denpasar saya perpanjangan SIM hanya 75 ribu rupiah dengan lama antrian 12 jam. Itu belum ditambah perlakuan petugas yang tidak ramah, mematikan sistem, mengganti kebijakan dalam antrian, dan sederet tindak kecurangan lain yang tidak bisa diterima masyarakat.

  21. Aji agung p berkata

    Murah banget, di majalengka 850k

  22. Sri Adhi karya berkata

    Ingin sekali melihat langsung bapak aparat polisi saat ujian praktek, bukan sekedar yg bertahun-tahun di bagian uji tsb
    Saya yakin bapak polisi pasti bisa menyelesaikan dgn baik tetapi sayangnya masyarakat tdk pernah melihat secara langsung kecuali hanya seorang petugas tertentu saja
    Kalau bisa tentu berani ya pak polisi ?
    Terima kasih

  23. Ebenk berkata

    Itukan cuma teori pak,pada kenyataannya di segala uji dari tes tulis dan praktek selalu tidak lulus padahal isi soal saya yakin dari 30 soal minimal 20 benar karena soal tsb sangat mudah tapi kenapa selalu tidak lulus?walau di ulang pun dengan jawaban berbeda tetap saja nilainya sama sprti sebelumnya.saya yakin itu ada indikasi agar pemohon sim jera bolak balik ke Samsat ahirnya cari jalan instant dengan cara nembak!!!
    Real fakta.

  24. Poppi berkata

    Sukur Alhamdulillah …
    Di tempat saya tepatnya Polres konawe selatan kendari, perpanjang sim c sesuai data di atas yaitu 75rb.
    Dan kelengkapan berkas Surat Keterangan Badan Sehat 35rb
    Jadi hanya total 110rb

  25. Rosikin berkata

    Apaan dibumiayu jauh blum biaya perjalanan ke brebesnya sim y mahal 750ribu itu SIM C…..test drive y dipersusah…sedngkan dijalan gak ada halangan kya ditest y trus gagal trus susah bngt…gimna tuh murah dari mana…usut Tuh

  26. Seto Krisdianto berkata

    Lebih baik pakai calo ketimbang tes ini tes itu, tinggal bayar ma dia(calo), tunggu 15 menit lgsg di panggil buat foto and lgsg jadi, ngk ada yg mudah or gampang bikin SIM, sampai lebaran monyet juga ngk bakal lulus, ada pepatah mengatakan, ada uang anda lulus and ngk ada uang maaf anda balik lagi bulan depan.
    Mohon bapak polisi and polwan yg budiman, jgn salahkan kami klau tak punya SIM, tapi salahkan oknum-oknum polisi yg bertugas di Samsat sana, benahi and jgn ada lagi modus-modus untuk mendapatkan uang dgn cara tak jujur, ingat sumpah and janji kalian sewaktu lulus dari akademi POLISI.
    Salam hormat pada ibu pertiwi
    NKRI harga mati

  27. Sakti berkata

    Di cirebon sendiri tarif sim
    A =950.000
    B =900.000

    Jadi di indonesia itu semua hanya teori tapi prakteknya beda.
    Semoga para oknum di berikan hidayah.
    Amin yra…

  28. Sri Mentari berkata

    Baru saja kemarin saya perpanjang sim c itu biaya nya 105rbu dan utk test kshtn nya 35rbu …
    Dan cara perpanjang nya juga mudah, alhamdulillah cepat selesai antri cm bbrpa orang saja …
    Mantul 👍👍👍

  29. Dies berkata

    Proses bikin SIM
    1. Tes kesehatan kisaran 40 – 60 rb(tergantung lokasi🙊)
    2. Pendaftaran SIM 75-100rb (standar nya sih 75)
    3. Isi Formulir
    4. Test basis Komputer
    5. Test Drive (90% sy perkirakan bakal Gagal 😂)
    6. Makan, minum ngopi rokok sambil nunggu test dan hasil test +/- 100rb 🙊🙊🤣🤣

  30. Asep berkata

    Di daerah kami pun sama, sama teorinya, sama beritanya, tapi fakta di lapangan sangatlah berbeda. Tidak ada calo, tapi dari pintu gerbang masuk, pos penjaga sampai di dalam kantor pun semua petugas menawarkan dengan harga kisaran Rp. 650.000 sampai Rp. 700.000 belum untuk kesehatan Rp. 50.000…jumlah aja jadi berapa!!!!
    Semua itu bukan orang luar, melainkan petugas polisi nya… 😔😔😔

  31. Nanis berkata

    Saya bulan kemaren bayar 680 dan 20 nya buat surat sehat ya total 700ribu buat sim itupun gk langsung jadi,nunggu seminggu baru jadi

  32. Amas tamaswara berkata

    Kalo dilihat dari serangkaian test nya, aplagi saat test lapangan yang kebanyakan gagal. Saya pribadi Mendingan pake jasa calo, rela bayar mahal tapi gak ribet. Daripada harus bolak balik test ulang..nyita waktu, apalagi saya merantau ke luar kota yg jaraknya jauh. Ya mungkin wajarlah bagi pembuat SIM baru di adakan test dahulu. Nah kalo yg mau perpanjangan atau yg habis masa berlakunya apakah harus di test dari awal lagi ? Ngapain coba..mending tinggal di lanjut aja gak usah di bikin ribet harus test lagi. Makan waktu aja…mending kalo lulus..kalo gagal, ya balik lagi..duit lg pasti

  33. Nancy berkata

    Pake jalur bener, tes tertulis sampe 5x baru lulus. Lanjut tes drive, sampe 10x blm juga lulus2 pdhl sdh ikutin semua ketentuannya.
    Bolak2 abis biaya, lelah seharian, ijin kerja utk urus SIM sampe dicurigai. Akhirnya nyerah, gk diurus lg SIMnya, padahal gara2 lupa perpanjang saja. Jd yg salah siapa?
    Pake calo memang lbh praktis.

  34. Reci berkata

    Apa tarif tentang SIM di artikel sudah ketuk palu dan berlaku d seluruh Indonesia? Jawab ya min! Saya dr Sumbar

  35. Andi prayogi berkata

    Mana di lapangan tidak seperti itu yg ada tes nya di persulit bahkan polisi yg memberi contoh itu orang pilihan paling hanya 2-4 orang polisi saja yg bisa memberi contoh sisanya polisi nya pada gk bisa…
    Apa lagi kami orang biasa yg butuh sim bukan tes pembalap, ini tes sim kaya tes audisi formula E sulit dan ujung – ujung pakek calo juga….
    Saya yg alami di kolombo Surabaya

  36. Nina puspita berkata

    Perpanjangan SIM C saya yg terakhir telat 2 minggu dan akhirnya saya hrs bikin ulang dari proses pertama seperti bikin baru. Ujian teori saya lulus. Ujian simulasi 4x baru lulus. Waktu ujian praktek yg pertama saya langsung gagal, saya gak biasa pakai motor matic sementara yg tersedia semuanya motor matic. Minggu depannya saya mengulang, dan semua patok2nya dipersempit. Saya pun gagal di ujian praktek yg kedua. Saya bilang, ini ujian utk patwal pak, bukan untuk ibu2 macam saya. Saya paling tertib di jln raya, dan tidak membutuhkan cara seperti yg ada di lapangan ujian praktek utk berkendara.
    Dengan menimbang waktu utk bolak balik ke sana, insting sy yg bicara kalau sy gak akan bisa lolos ujian macam itu dan ongkos transport, akhirnya sy pakai calo dgn membayar Rp 600.000 daerah Bandung kota.

  37. Sar berkata

    Kmren suami br urus sim A n C. Krn hilang dompet di curi maling msuk dlm rmh.
    Urus sim ke depok 2 bh . Bs lsg siap kena 1.5jt.
    Apakah wajar bgtu ya pak polis!!???

  38. Ajis berkata

    Kl tau bnyk calo tlog brantas calonya pak polisi tangkap tu calo2… Jgn cma mnghimbau saja… Jgn sampai calo berkongkalikong dgn pihk trkait shingga pmbuatan sim playanannya d prsulit.. Yg d rugikan tu Yakin 100% masyarakat…

  39. Ahmad Khoiruddin berkata

    Bisakah untuk perpanjangan SIM A sebelum berlaku diperpanjangkan mohon dijelaskan pak

  40. Noer hadi berkata

    “Teori”…. Fakta nya? Preeeet
    Masalahnya tdk sedikit oknum polisi yg mata duwitan, daftar polisi ongkosnya mahal. biar gk mati konyol, cari pulihan.

  41. Eri berkata

    Saya hari ini rabu 8 januari 2020 mau ngurus sim C dan sim A. Udah saya tanyain harga bikin ke2 sim itu 1,1 juta.
    Kalo ikutin aturan resmi simnya siapnya 1bulan, tp blum saya tanya harganya.
    Biarlah agak mahal tp cepat selesai dan saya bisa langsung ngelamar kerja

  42. Imay berkata

    Harus selalu ditertibkan terutama masih banyaknya calo yang berkeliaran. sekalian tolong tes lapangannya jangan susah susah..

  43. Nikodemus berkata

    Kalau diikuti peraturannya mmg murah, tpi pas uji coba mengemudikan kendarannya 90% semua gagal, krna garis putih untuk uji coba mengemudi tidak boleh trgilas ban sedikit pn.
    Valentino rossi aj pn pasti gagal.
    Mmg sengaja dibuat sedemikian br dapat sogokan dari yg bersangkutan.
    Itulah yg membuat indonesia ini susah utk maju.

  44. Maulana berkata

    DUSTA
    DI WILAYAH CIREBON BIKIN SIM C MENCAPAI 800 RB SIM A 850. TIDAK ADA POLISI YANG BAIK KECUALI POLISI TIDUR.

  45. Leonaritha berkata

    Di tempat saya mahal 700rb itupun sulit sekali lulus tesnya,bahkan bertahun2 gak lulus,kalau pakai calo lebih mahal sampai 1.200san,gila kan

  46. ronald berkata

    wkwkk…buat sim120.ribu sampai bisa. tah kapan bisa ny?? klw gagal datang lagi. gagal lagi datang lagi. gagal trus,dtng lagi. habis uang minyak makan. 1.jt sampek juga buat sim yg katanya 120.ribu.🤣🤣🤣

  47. Robert gundaling sihombing berkata

    Saya perpanjang SIM A dan C di polres tapanuli utara di kenakan biaya 450 rb semua

  48. Toga saragi berkata

    Itu kan crita di media..klo crita di lapangan kan beda..di riau beli buku sertifikat aja 580rb..blom yg lain..guna sertifikat nya aja gk tau entah buat apa..perpanjang jg harus tes lg.beli sertifikat lgi..trus lh begitu..

  49. Tha-tha berkata

    Di daerah saya 650 gan tu mahal bingit masih murah di daerah bali cuma 350…

  50. Umar berkata

    Ini hanya retorika semata coba cek di lapangan sangat jauh berbeda di batam pembutan sim berkisar antara 600 sampai 1.8 jt

  51. Udin pea berkata

    Hahahahahahahahahahahahaha saya sudah mengisi test teori menggunakan akses melalui google tetapi tetap salah!! Hahahahahahahahaha lucu kan ya

  52. Andrea Iannone berkata

    Wow mudah sekali ya
    murah lagi
    Wkwkwkwkwkwkk

  53. Tanjuang97 berkata

    Di daerah kami PADANG ( LUBUK NASUNG) aja ngurus SIM C 360.

  54. Ali mahmut siregar berkata

    Menurut saya, persyaratan nya ini harus di revisi/ test dihilangkan.logikanya tak mgkin saya mengurus sim klo gak bisa bawa kendaraan, selain itu, karena dgn melalui test tsb para pengusul di persulit sehingga dimungkinkan agar org2 lari mengurus sim lewat tol…
    Sehingga praktek yg selama ini terusssss dan tetap sebagaimana pola lama.

    Hehehehe….
    Ini menurut saya ya….

  55. Sapi Balap berkata

    Terimakasih telah memuat artikel tentang pembuatan SIM.
    Praktiknya d polres kudus ini ya.
    Saya sendiri telah berniat untuk membuat SIM C dengan jalur resmi tanpa calo. Karena pada waktu itu SIM C saya telat perpanjang telah melewati 6 hari maka saya diwajibkan melakukan buat SIM C baru dimana harus melalui proses ini dan itu.
    Pada saat menunggu foto, sidik jari, kelihatan kog itu beberapa orang yg keluar masuk nyelipin berkas kepada petugas.😅
    Dari awal pendaftaran bulan Juli 2019 telah melalui test teori berbasis komputer dan tes praktek yg jalannya belok belok mlungker yang hanya ada d lapangan praktek polres (tidak pernah saya jumpai d kehidupan nyata saya selama berkendara😅).
    Kondisi motor yg digunakan untuk praktek jangan ditanya ya, silahkan dirasakan sendiri. Menggunakan motor sehari2 dengan motor praktek jauh beda lah. Sedangkan opsi simulator roda 2 yg ada tidak dibuka, entah kenapa.
    Gagal 1x diminta balik lagi seminggu kemudian.
    Gagal 2x d minta balik lagi 2 minggu kemudian. Dikiranya kita ada banyak waktu, sayapun balik lagi setelah beberapa minggu.
    Sampai hari ini saya belum kembali lagi untuk meneruskan pembuatan SIM C tersebut.
    Saya yakin itu kalau bentuk tes praktek d terapkan untuk polisi hanya beberapa yg berhasil.

    Aturan sudah baik, tinggal d jalankan saja sebenarnya.

  56. Khoirul Ibad berkata

    Terlepas dari teori dan fakta di lapangan yg tidak sesuai, coba kita menyikapinya dg bijak. Karena juga masih banyak masyarakat yg ogah ribet dan mau instant karena berbagai macam pertimbangan, sibuk dll dan punya uang. Tapi harusnya petugas melaksanakan yg sudah menjadi tugas & tanggung jawabnya apalagi di gaji oleh negara dari uang rakyat. Apapun itu, konsekuensi pasti ada, yg mempersulit akan menerima balasanya di lain waktu entah apa bentuknya. Dan perlu di ingat, kelak akan di pertanggung jawabkan disana apapun agamanya.
    Sekedar utk mengingatkan jg utk sy sendiri

  57. Sulis berkata

    Pengalaman saya pribadi, malah ditawarkan jasa berbayar 200 rb utk perpanjang SIM A saya kmren, dan itu dilakukan oleh aparatnya langsung lohh, krn saya menolak malah pelayanan utk saya jadi semena2 mereka
    Jd buat apa peraturan dikeluarkan klo toh masyarakat awam tetap mau dirampok hak nya…
    Miris sekali 😥

  58. I putu sumantra berkata

    Murah ya,,klw di Bali ngurus sendiri perpanjangan sampai 240rb u/sim a perinciannya sbb:
    -surat keterangan sehat Rp.25rb
    -surat psikologis Rp.135rb
    -bayar BRI Rp.80.000
    Total:240rb
    Gimana klw pakai calo ya..????
    Belum ngantrenya lagi minimal 3 jam karna calo banyak yg nitip berkas😁😁, berkas yg ngurus sendiri di tumpuk2🤦🤦🤦

  59. Lia berkata

    Iya murah klau gak pkai calo tpi tesny itu susah harus melalui beberapa tes klau gak lulus hrus ngulang trus, gimna klau jauh jarak tempuh dari rmah smpai ke kapolres, sma aja mkin mahal biayanya ongkos bolak balik ntuk melakukan tes

  60. Heru berkata

    Lho…..katanya murah… apalagi kalau perpanjangan….
    Kok saya perpanjang SIM Motor biaya 250 ribu…..
    Apalagi saat perpanjang masih ada sisa 2 hari….
    Kabupaten Luwu Utara…..mohon untuk mempermudah…. jangan mempersulit lah…..

  61. Budi berkata

    Dan faktanya di lapangan, jika menggunakan jalur resmi hanya nol koma sekian persen saja yg lulus testing. Selebih nya sllu gagal dan harus tes ulang lagi, lagi, lagi dan lagi sampai bosan sendiri dan ujung2 nya ada yg nawari lewat jalur belakang dengan biaya berkali kali lipat dri biaya notmal dan tradaaaa hanya hitungan jam SIM pun selesai tanpa testing.

  62. linda berkata

    yakin apa lulus g dsrh balik lagi..secara klo saya bayar gope cuma foto doank..trs apakabar para calo yg diluar sana…#🤦

  63. Benyamin CB berkata

    Saya kemarin tanggal 1 Februari 2020 perpanjang SIM A di TAMINI SQUARE total biaya Rp. 155.000,- dengan rincian :
    Sket sehat/dokter 25.000 (ada bukti)
    Loket pendaftaran 30.000 ( tdk ada kwitansi)
    Foto 100.000 ( tdk ada kwitansi)

    Penjelasan polantas di internet 80.000.

  64. Mangara berkata

    Hasil ujian pun gk ditunjukkan… Mana yang salah mana yg betul. Aneh… Ujung ujungnya sim tembak … Kena samapi600rb

  65. Batra berkata

    Wah dimojokerto sampai kurang lebih 500 san..

  66. Jujur sitanggang berkata

    Apakah ini berlaku di seluruh Indonesia

  67. Fadni berkata

    Apa hanya peraturan saja yang bikin sim murah, sedang praktek perdaerah mahal.

  68. Gun berkata

    Tolong di cek ulang. Memang biaya perpanjangan atau pembuatan baru segitu. Tapi ketika pembayaran ada yang namanya Asuransi… Nah di barnernya kita akan dapat kartu asuransi kecelakaan, tapi realisasinya mana? Biaya sudah ditetapkan tapi tak dapat apa yang disosialisasikan. Sama tes kesehatan itu hanya formalitas yang biayanya suka2 di masing2 tempat ada yang 20rb, 25rb, atau bahkan 50rb tanpa ada pemeriksaan dan ada beberapa tempat yang tidak menerima surat kesehatan selain dari tempat yang di tentukan… Kalau memang cek kesehatan wajib di tempat pembuatan sekalian di masukan k biaya pembuatan SIM jangan di pisah. Karena ini bisa jadi ajang Raup keuntungan.

  69. Aya berkata

    Di Indramayu khusus nya,saya ikut tes sim c tes tanpa nyogok gagal terus, kalo Pantengin sim terus kerja bisa aburadul,cape bolak balik nya aja, dari 350ribu sampe sekarang 850ribu,terus 120ribu dari taun kapan.. 🤷‍♂

  70. bali berkata

    saya bikin sim a sama sim c ngabisin 650rb, emang si pake calo,calonya sendiri tu polisi yg bertugas disana, gimana gak pake calo coba? mau nyari sim tes tulis nya gampang2 banget tp kenapa gak pernah lulus,dr semua peserta gak ada yg lulus kecuali pake calo, saya mencium ada indikasi kesengajaan tidak diluluskan supaya memakai biro jasa atau calo

  71. Jy berkata

    Gorontalo paling murah.. 300000 bro
    .

  72. Dit berkata

    Tes kesehatan abal2: 25 ribu
    Tes psikologi abal2: 50 ribu
    Biaya perpanjangan sim : 75 ribu
    Total 150.000
    Tanpa ada kwitansi

  73. Muhammad hasim berkata

    Sy baru perpanjang sim c di tangerang total biaya 190 ribu

  74. Agus francisca berkata

    120 ribu sim apa ya pak kalo boleh tau , semua itu faktanya

  75. Shanti berkata

    Sy di Makassar, krn telat diperpanjang 2 minggu jd mulai dr proses awal,test kesehatan byr 35.000, ujian physicotest byr 50.000,sdh lulus itu lgsg ujian komputer sy jg lulus nilai 84 lanjut test drive untuk SIM C,ternyata tdk lulus, padahal sy sdh naik motor selama 20thn lebih dan syukurnya blm pernah terjd kecelakaan 😇🙏😂 selidik punya selidik ternyata sdh ada yg smp 3kali ulang tetap ga lulus, drpd sy bolak balik kerjaan lain ga beres2,akhirnya sy ditawari ama ibu kantin disitu🤣🤣 byr 350.000 bsk lgsg jd, ga pake bolak balik,OK kan 😅🤣🤣🤣

  76. Hendrik berkata

    Di Tanjungpinang saya buat dikenakan 400rb
    Klau ada surat keterangan sehat 360rb

  77. Nonrika berkata

    Sidak ke polres2 dong.. pamdeglang juga aku kmrn buat sim A dan sim c berdua sm suami 1.700rb hmmmm

  78. Bujang berkata

    Hoax..faktanya di tempat saya sumbar memperpanjang SIM C 270rb..
    Tes kesehatan 35rb
    Tes psikologi 160rb
    Biaya dipolres 75rb
    Tanpa calo,saya yg pergi sendiri pada tgl 3/2/2020

  79. Ari Sanjaya berkata

    Di Bandar Lampung
    perpanjangan SIM C 75.000
    Psikotes. 100.000
    Tes Kesehatan. 25.000
    Laminating. 10.000
    Total. 210.000

  80. Hoiza berkata

    Ujung2nya calok yg dipakai bs lewat tol koq. Kalau warga langsung malah bnyak sengaja tdk lulus.

  81. J junaedi berkata

    Udah beberapa kali sy perpanjang SIM tdkteskesehatan,baru yg terakhir ini perpanjangan SIM online pake tes ksehtan,padahal masih masa aktif sim sy (“)..?

  82. Joker berkata

    Ribet dan gak masuk akal
    Jelas² data udah terekam, masih harus ulang dr awal hanya karena lewat batas waktu
    Itu lah kenapa org² lebih pilih pakai calo, karena yg resminya kelewat susah
    Dan memang dibuat susah, biar buatnya tetap sama calo², yg logika nya apa mungkin calo bisa bekerja dan kasi jaminan kelar 1-2 hari tanpa tes dapat dokumen resmi kalau gak ada pintu masuk yg di sediakan dari dalam??? (Rahasia Umum) tp kami terlalu takut Utk terus terang..
    Harusnya kejadian di lapangan bisa jadi bahan acuan
    Org yg udah tahunan bahkan puluhan tahun bisa bawa kendaraan malah gak lulus dan disuruh ulang pekan depan.. gak lulus, ulang lagi, Trus sampe lulus walau udah 3 x.. rugi waktu & tenaga bahkan rupiah..

  83. Yokha berkata

    Baru beberapa hari yg lalu Saya buat sim baru. Tottal biaya 210 di Bali. Biaya pembuatan 130, tes psikologi 65, tes kesehatan 25 tanpa tes drive, cuma tes d komputer. Bali it’s the best 😘

  84. Diapari berkata

    Di atas kertas dibacanya enak sekali, tapi kenyataan di lapangan saat pengurusan sangat berbeda 360 derajat.

  85. rudi berkata

    di Padang. tes kesehatan bayar 35rb, tes psikologi bayar 160rb, baik C ataupun A….miris bagi si miskin

  86. Rudi berkata

    di Padang tes kesehatan 35rb, tes psikologi 160rb, baik untuk C ataupun A….
    miris sekali buat si miskin

  87. Bian berkata

    Kenapa kalo mau perpanjang SIM harus pas sama masa berlakunya klo lewat suruh bikin baru lgi…..
    Dulu saya pernah mau perpanjang SIM tpi gara2 blm waktu padahal padahal 3 hari lgi masa berlakunya tpi d suruh pulang lgi.
    Bilang y harus pas taggalnya gak boleh kurang …..

  88. asus berkata

    nyata nya kalo mau buat sim setiap bulannya selalu naik harga ga paham kenapa? dari awal denger sekitar 500 rb udh naik harga lagi jd 750, itu alasan kenapa selalu ga jd kalo mau bikin sim.
    harga itu di daerahh cianjur jawabarat yang buka kota besar.

  89. Suwarni sragen berkata

    Faktanya gak seperti itu ujian praktek di persulit .ya akirnya anak saya pki calo kena 400 rb .wilayah Sragen mohon di lperbaruhi jgn persulit t kami bikin sim
    Pak .anak sy gak ada waktu karena jam kuliah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.