Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perayaan Tahun Baru di Pati Digeser ke Perempatan Puri, Alun-Alun Dijaga Petugas

MURIANEWS.com, Pati – Perayaan malam pergantian tahun di Kabupaten Pati, tak akan digelar di Alun-Alun Pati, seperti tahun-tahun sebelumnya. Pusat perayaan akan digeser di Perempatan Puri, atau sebelah utara GOR Pesantenan dengan menyediakan panggung hiburan.

Pengalihan pusat perayaan Tahun Baru 2020 ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah untuk meramaikan Pusat Kuliner Kabupaten (PKK), yang menampung para PKL dari Alun-Alun Pati.

Panitia Penyelenggara Perayaan Tahun Baru 2020 yang juga Kasatpol PP Pati Hadi Santosa mengatakan, sebelumnya memang ada rencana untuk mendirikan panggung utama di PKK. Hanya saja, dari pihak even organizer (EO) menganggap lokasi tersebut terlalu berisiko.

“Karena itu, berdasarkan kesepakatan bersama, kami memilih di Perempatan Puri. Panggung utama nantinya akan menghadap ke barat atau menutup Jalan Tunggul Wulung,” katanya, usai rapat koordinasi panitia penyelenggara di aula Satpol PP Pati, Jumat (27/12/2019).

Kendati pusat perayaan digeser di Perempatan Puri, pihaknya memperkirakan, Alun-Alun Pati nantinya tetap bakal dipenuhi warga. Sehingga dikhawatirkan akan merusak Alun-Alun Pati yang baru selesai direnovasi itu.

“Karena itu, kami akan tetap memberikan penjagaan di alun-alun agar masyarakat tetap terkontrol. Mungkin juga kami akan menambah personel pengamanan khusus alun-alun,” ujarnya.

Baca: Koalisi Pemuda Laporkan Dugaan Kecurangan Pilkades Sidoluhur Pati

Diperkirakan, pengalihan pusat perayaan pergantian tahun itu juga akan menimbulkan kemacetan. Sehingga, para pihak yang terkait sudah melakukan rancangan rekayasa lalu lintas dan penempatan kantong parkir.

Selain itu, panitia juga akan menyediakan lima mobil kesehatan dan satu unit pos kesehatan. Lokasinya sendiri adalah di pusat perayaan pergantian tahun.

“Semuanya sudah disiapkan dan tinggal mengeksekusi. Baik dari panitia maupun EO juga sudah siap,” tegasnya.

Sementara proses penutupan Jalan Tunggulwulung yang merupakan lokasi utama perayaan, akan dilakukan pada Senin (30/12/2019). Mengingat, EO akan mulai melakukan penataan lokasi dan pendirian panggung hiburan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...