Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

47 Petahana Tumbang di Pilkades Serentak Pati

MURIANEWS.com, Pati – Dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pati, Sabtu (21/12/2019) ada ada 96 calon kepala desa (cakades) petahana yang kembali bertarung memperebutkan kursi. Dari jumlah itu, 47 di antaranya harus tumbang.

Sementara petahana yang kembali berhasil melenggang menduduki kursi kepala desa ada sebanyak 49 orang. Dalam artian, hampir separuh cakades petahana dinyatakan kalah dalam kontestasi pilkades ini.

Kasubbag Bina Pemdes Bagian Tata Pemerintahan Setda Pati Indah Pebriana mengatakan, terkat calon terpilih sementara, memang sudah diketahui setelah adanya hasil penghitungan suara di masing-masing desa penyelenggara pilkades.

“Ada 47 dari cakades petahana yang tidak terpilih sebagai kades. Sementara yang terpilih ada sebanyak 49 cakades petahana,” katanya, Kamis (26/12/2019).

Dari data yang dihimpun, memang ada banyak cakades petahana yang gagal. Seperti di Desa Srikaton, Kecamatan Jakenan, Klakahkasihan, Pohgading, Kecamatan Gembong, Regaloh di Kecamatan Tlogowungu dan masih banyak lagi.

Namun, dari pantauan cakades petahana yang tidak berhasil melenggang ini lantaran sudah dua periode. Mereka kembali mencalonkan diri untuk periode ketiga.

Pada kasus yang sama, di Desa Mintorahayu, Kecamatan Winong, justru cakades petahana kembali memimpin untuk yang ketiga kalinya. Ada juga cakades petahana yang mempunyai selisih suara tipis, yakni di Desa Klakahkasihan. Selisihnya hanya delapan suara dengan lawan.

“Para kades terpilih, nantinya akan kami adakan diklat terlebih dahulu sebelum mereka dilantik pada Maret 2020 mendatang,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...