Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penataan Bantaran Kali Gelis Kudus Dilakukan Awal 2020

MURIANEWS.com, Kudus – Pentaan bantaran Kali Gelis untuk terusan program river tourism Kali Gelis rencananya akan dilakukan awal tahun 2020 mendatang. Untuk memuluskan hal tersebut, pemkab akan segera menggelar audiensi dengan masyarakat yang kena penataan.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menjelaskan, pengupayaan percepatan penataan dilakuan menyusul adanya kucuran dana dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Dengan besaran kurang lebih sekitar Rp seratus miliar.

“Karena itu, pemukiman-pemukiman liar akan segera ditata. Sebelumnya kami sudah memberikan wacana ke masyarakat melalui aparat terkait,” katanyaKamis, (26/12/2019) pagi.

Oleh karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sedini mungkin. Sehingga tidak ada kesalahpahaman antara warga bantaran, pemerintah daerah, dan BBWS.

“Nanti secepatnya akan dikoordinasikan terlebih dahulu,” terangnya.

Dua alat berat tengah mengeruk penampang di Sungai Kedungpaso (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Agung Karyanto mengatakan jika pihaknya baru akan audiensi dengan BBWS untuk pelaksanaan audiensi dengan masyarakat.

“Kami akan koordinasi dengan BBWS dulu,” katanya.

Audiensi, kata Agung, haruslah melibatkankan BBWS yang memiliki wewenang dalam hal ini. Pihaknya pun akan berkoordinasi secepatnya agar pelaksanaan penataan untuk river tourism Kali Gelis segera berlangsung.

“Secepatnya kami akan berkoordinasi,” terangnya.

Seperti diketahui, Pembangunan awal river tourism Kali Gelis beberapa bulan ini telah masuki tahap awal yakni masa normalisasi sungai.

Normalisasi dibutuhkan mengingat penampang basah sungai di beberapa titik sudah dianggap terlalu sempit. Pengerukan dengan alat berat pun dilakukan dengan anggaran awal sebesar Rp 10 miliar.

Tahap awal pembangunan akan berfokus pada pengembalian Kali Gelis menjadi sebagaimana mestinya. Ini karena, sudah saatnya Kali Gelis disentuh. Mengingat Kali yang membentang di tengah Kota Kretek tersebut sudah lama tak terjamah normalisasi.

Sedang tahun selanjutnya akan diperhitungkan pengembangan di bantaran kali, hingga fungsi tambahan sebagai tempat rekreasi. Anggaran sebesar Rp 100 miliar pun siap digelontorkan guna menyulap Kali Gelis menjadi destinasi wisata yang baru.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...