Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Jepara Terbitkan Buku Sketsa Pengawasan Pemilu

MURIANEWS.com, Jepara – Di penghujung tahun 2019, Bawaslu Jepara menerbitkan sebuah buku tentang pelaksanaan kegiatan pengawasan Pemilu 2019. Buku tersebut diberi judul “Skesta Pengawasan Pemilu 2019”.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko menyatakan, buku tersebut berisi tentang proses pengawasan Pemilu 2019 yang dilakukan pihaknya. Diharapkan buku tersebut nantinya bisa memberi manfaat bagi semua pihak.

Informasi-informasi yang ada di dalam buku, setidaknya bisa dijadikan sebagai referensi atau bisa dijadikan pengalaman, bagi proses-proses pengawasan Pemilu selanjutnya. Pihaknya juga berharap dengan adanya buku tersebut, bisa muncul masukan-masukan untuk proses pengawasan Pemilu yang lebih baik.

“Buku Sketsa Pengawasan Pemilu, kami sampaikan ke beberapa pihak. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat yang baik untuk masyarakat dan semua pihak terkait,” ujar Sujiantoko, Kamis (26/12/2019).

Sementara itu Abdul Khalim, salah satu anggota Bawaslu Jepara menyatakan, Bawaslu kabupaten/kota relatif masih berusia sangat muda (1 tahun).  Karena itu penguatan lembaga dan peningkatan kapasitas SDM menjadi hal yang prioritas dalam rangka membangun eksistensi dan kualitas lembaga ini.

Ada beberapa hal yang sedang dilakukan oleh Bawaslu Jepara terkait hal ini. Di antaranya adalah  pengembangan sistem pengawasan dan proses penegakan hukum pemilu yang menjadi ranah kewenangan pengawas pemilu.

Kemudian juga melakukan pendekatan pada kelompok pemilih dengan beragam latar belakang untuk menggelorakan semangat dan kapasitas Pengawasan Partisipatif. Pendekatan dilakukan melalui kegiatan sekolah kader Pengawasan pemilu, serta menggunakan pendekatan budaya dalam menyosialisasikan Pemilu yang berintegritas.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...