Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Lihat Ibu-Ibu Pengajian Sibuk Bantu di Gereja, Ganjar Kagumi Kerukunan Warganya

MURIANEWS.com, Semarang – Gubernur Jawa Tengah mengaku bangga dan bahagia melihat warganya yang mempunyai rasa kerukunan dan toleransi yang kuat. Rasa bangga ini muncul ketika melihat banyak warga nonKristiani yang ikut sibuk merayakan persiapan Natal di sejumlah gereja di Jateng.

Selasa (24/12/2019) siang tadi, Ganjar melakukan sidak ke sejuah gereja. Di beberapa tempat itu, ia melihat umat muslim dan penganut agama lain pun ikut bahagia menyambut datangnya Natal 2019.

Di Pertapaan Bunda Pemersatu, Gedono Kabupaten Semarang misalnya, puluhan santri dan ibu-ibu pengajian berbaur dengan para suster untuk menyambut Ganjar yang datang bersama rombongan club motornya, Grup Montoran Bandiyem. Suasana damai terlihat, ketika para santri yang mengenakan pecis itu, tak ragu mencium tangan para suster sebagai bentuk penghormatan.

Di dalam gereja, sejumlah ibu-ibu berjilbab juga nampak berseliweran. Mereka tanpa canggung membantu sejumlah pekerjaan yang dilakukan para suster dalam menyambut Natal yang jatuh pada Rabu (25/12/2019) besok.

“Kami biasa bantu-bantu di sini, sudah sejak lama kami melakukan itu, 20 tahun lebih. Di sini semua masyarakat bisa berbaur dengan damai dan rukun,” kata Damirah (50), warga sekitar.

Di gereja Isa Almasih Jetak Getasan juga sama. Di lokasi itu, puluhan umat muslim bahu membahu membantu umat Kristiani yang mempersiapkan perayaan Natal. Mengenakan pecis dan berjilbab, warga bahu membahu membantu umat Kristiani mempersiapkan ibadah Natal.

“Ini luar biasa sekali bagi kami, dikunjungi seorang gubernur di tempat kecil dan terpencil ini,” kata salah satu suster senior, Martha Driscoll.

Ganjar sendiri begitu bahagia dapat berkunjung ke Pertapaan Suster Gedono tersebut. Menurutnya, di tempat itu menggambarkan tentang bagaimana keindahan kerukunan umat beragama di Jawa Tengah.

“Kita ingin Indonesia selalu indah, dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan dan tolong menolong. Di sini, saya menemukan itu,” ucapnya.

Selain di dua lokasi itu, Ganjar juga melakukan sidak ke sejumlah tempat lainnya. Diantaranya obyek wisata religi Goa Maria Kerep Ambarawa dan Gereja Kristus Raja Semesta Alam di Ungaran Kabupaten Semarang.

Ganjar mengatakan bahwa kondusifitas Jawa Tengah jelang Natal terjamin. Hal itu tergambar dengan suasana yang damai yang ditunjukkan masyarakatnya.

“Masyarakat di sekitar yang nonKristen juga menyambut dengan baik dan memberikan dukungan. Alhamdulillah berjalan baik. TNI/Polri semua juga siap mengawal, masyarakat ikut membantu,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...