Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polisi Bakal Berpasang-pasangan Jaga Gereja di Pati saat Natal

MURIANEWS.com, Pati – Polres Pati memastikan, personelnya tak akan bekerja sendiri-sendiri dalam melakukan pengamanan Natal di gereja-gereja. Setiap personel akan berpasang-pasangan dalam melakukan pengamanan.

Bahkan pada gereja besar yang akan didatangi banyak jemaat, jumlah personel yang dikerahkan akan lebih besar. Ini dilakukan untuk menghindari adanya serangan oleh pelaku teror yang mengincar polisi yang bertugas sendirian.

Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, prosedur pengamanan yang diterapkan yakni Buddy System. Dengan prosedur itu, mengharuskan pengerahan minimal dua polisi untuk saling menjaga dalam suatu tugas.

Dengan menerapkan sistem ini menurutnya, petugas yang melakukan penjagaan juga terjamin keselamatan dan keamanannya oleh rekan sesama petugas.

“Kami menerapkan Buddy System, di mana dengan sistem ini setiap anggota akan saling menjaga, sehingga minimal dua orang,” katanya, Senin (23/12/2019).

Selain itu, aparat juga akan mengecek setiap orang dan bawaan ketika memasuki kompleks gereja. Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan bisa ditangkis sedini mungkin.

“Di gereja-gereja yang kami anggap besar dengan jumlah jemaat banyak, sebelum pelaksanaan Misa, kami lakukan sweeping, kami cek betul. Kami akan kerahkan rekan-rekan dari Brimob,” ujarnya.

Pihaknya menjamin, umat Kristiani di Kabupaten Pati bisa menjalankan ibadah Natal dengan aman dan nyaman.

“Belajar dari pengalaman tahun-tahun lalu, momen Natal ini digunakan kelompok-kelompok tertentu untuk melaksanakan misinya. Jadi kami harus pastikan Natal di wilayah Pati ini, berlangsung dengan aman dan damai,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...