Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati Hari Ibu, IASSPATI Tanam 250 Bibit Tanaman di Desa Undaan Kidul

MURIANEWS.com, Kudus – Ikatan Alumni STM/SMK 02 Pati (IASPATI) menggelar kegiatan sosial dengan menanam sebanyak 250 bibit tanaman di Dukuh Gatet, Desa Undaan Kidul, Undaan, Minggu (23/12/2019) pagi. Ratusan bibit itu akan disebar di beberapa titik di desa tersebut. Mulai dari area persawahan hingga tepi jalan sepanjang Dukuh Gatet.

Khanafi, Ketua Umum IASSPATI menyebut jika kegiatan penanaman bibit tanaman sebagai bentuk nyata dalam hal kepedulian lingkungan. Selain itu, pihaknya juga ingin berkontribusi dalam merawat dan menjaga lingkungan di Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

“Tujuan kami untuk menghijaukan alam. Kebetulan ini bertepatan dengan Hari Ibu,” ucapnya.

Pihaknya pun berharap jika bibit yang ditanam pada hari ini akan bermanfaat di kemudian hari. Untuk itu, masyarakat diminta untuk berpartisipasi menjaga dan merawat bibit yang ditanam. Dengan tujuan, Dukuh Gatet bisa semakin asri di kemudian hari.

“Kami harapkan ini bisa bermanfaat untuk banyak pihak,” terangnya.

Sementara Ketua IASSPATI Kudus Kustianto menambahkan, selain menanam 250 bibit tanaman, pihaknya juga memberikan pupuk kompos sebanyak 50 sak. Satu sak pupuk sendiri memiliki berat 25 kilogram.

“Pupuk ini akan dipakai dan dibagikan kepada petani,” katanya.

Untuk teknis penanaman, lanjutnya, jenisnya adalah tanaman keras seperti mahoni, angsono, trembesi, dan akasia. Sedang untuk tanaman buah, sebagian akan diberikan ke rumah-rumah warga untuk ditanam di pekarangan rumah.

“Jadi nanti tanaman keras akan ditanam di pinggir-pingir jalan,” katanya.

Dia melanjut, penanaman ini tidak berhenti satu waktu. Melainkan akan berkesinambungan. Penandatangan perjanjian soal ini pun telah dilaksanakan antara IASSPATI dan pihak Desa Undaan Kidul.

“Kami memang merencanakan untuk penanaman berkesinambungan, harapannya masyarakat juga berpartisipasi supaya Desa Undaan Kidul dan Dukuh Gatet ini semakin hijau dan asri,” terangnya.

Sementara Kepala Desa Undaan Kidul, Suroto mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang digagas oleh IASSPATI di desanya tersebut. “Masyarakat juga diharapkan menjaga dan merawat apa yang sudah ditanam bersama-sama ini,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...